Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Peredam Suara Mobil

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kabin terasa lebih senyap atau hening adalah dengan memasang peredam suara di mobil. Cara ini juga banyak dilakukan pemilik mobil yang ingin menciptakan kualitas audio mobil yang lebih baik di dalam kabin. Selain harga yang relatif terjangkau, cara ini juga memberikan hasil yang cukup baik. Meski demikian, tentu saja memasang peredam suara pada mobil memiliki kelebihan dan juga kekurangan.
Umumnya, peredam suara mobil yang paling banyak digunakan adalah yang berbahan padat dan berjenis aspal. Bahan ini lebih banyak dipilih karena harga yang tergolong murah dan juga pemasangan yang cukup mudah. Peredam dari bahan aspal memiliki bentuk lembaran-lembaran yang saat dipasang akan menempel pada dinding atau lantai kabin dan cenderung tidak bergerak dari posisinya.
Harga Peredam Mobil Yang Bagus dan Murah
Pemasangan peredam kabin dengan bahan aspal ini juga sangat mudah. Kita tinggal menempelkan peredam aspal ini ke dinding dan kemudian baru dilapisi dengan karpet, bekled dan kembalikan ke bentuk semula. Aspal akan menjadi lapisan dasar yang membuat kabin lebih senyap namun tidak membutuhkan perawatan. Hal ini juga akan membantu menciptakan audio pada kabin yang lebih jelas, karena tidak diganggu oleh suara-suara dari luar kabin.
Meski memiliki keuntungan dari kabin yang senyap dan nyaman, namun pemasangan peredam berjenis aspal ini juga dapat memberikan kerugian. Salah satunya adalah penambahan bobot atau berat kendaraan. Satu lembar aspal yang memiliki tebal 2mm bisa mempunyai berat hingga 2 kg. Jika satu pintu menggunakan 3 lembar peredam aspal saja, maka bobot kendaraan dengan 4 pintu akan bertambah sebanyak 24 kg. Ini belum ditambah dengan peredam pada lantai dan firewall.
Beban mobil yang bertambah tentu juga akan memancing kerja mesin menjadi lebih berat. Efeknya, sudah pasti konsumsi BBM juga akan sedikit meningkat, meski harusnya tidak terlalu signifikan.
Meski pemasangan peredam sifatnya hanyalah ‘menambahkan’ tanpa merubah apapun dalam mobil, tidak sedikit konsumen yang merasa khawatir akan kehilangan garansi mobil mereka. Padahal seharusnya, hal ini tidak berpengaruh karena pemasangan peredam tidak melakukan modifikasi pada mesin, body kendaraan atau juga kelistrikan mobil.
Sekedar tambahan informasi, harga peredam mobil berjenis aspal ini biasanya dijual dengan harga 100 ribu hingga 150 ribu perlembar. Biasanya, jika membeli dalam jumlah tertentu maka akan mendapat potongan harga yang lumayan signifikan. Beberapa toko variasi bahkan memberikan ongkos gratis pemasangan jika membeli lembar peredam ini dalam jumlah tertentu.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Peredam Suara Mobil"

Posting Komentar