Tips Cara Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil

Hampir setiap pemilik mobil banyak menghabiskan waktu untuk berada di dalam kabin mobil mereka. Berbagai aktivitas dilakukan di dalam kabin yang secara tak langsung juga meninggalkan noda dan juga bau apek pada kabin. Mulai dari tumpahan atau sisa makanan dan minuman, bau dari asap rokok, atau juga karena penumpang yang mabuk kendaraan saat dalam perjalanan. Selain itu, dampak dari kabin yang lembab, musim hujan atau bahkan banjir yang masuk dalam kabin ikut menambah bau tidak mengenakkan di dalam kabin mobil.
Idealnya, mobil memang harus dicuci dan dibersihkan secara berkala di salon perawatan mobil. Selain untuk membuat mobil tetap bersih, perawatan ini akan membersihkan mobil dan kabin mobil secara detail. Dengan demikian, kotoran-kotoran kecil yang tertinggal dalam kabin mobil yang dapat berpotensi menimbulkan bau apek juga dapat dihilangkan.
Tapi jika anda adalah tipe orang yang suka melakukan semuanya sendiri, atau ingin mengurangi resiko penyebab kabin mobil bau apek, anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini. Mungkin ini adalah solusi yang tepat sebelum kabin terlanjur kotor dan menjadi berbau.
Yang pertama adalah siapkan lap chamois atau lap yang dapat menyerap kotoran dengan baik di mobil. Lebih baik lagi jika anda dapat selalu membawa perlengkapan pembersih mobil sederhana yang dapat digunakan dalam kondisi darurat. Contohnya saja ketika anda atau teman anda menumpahkan makanan atau minuman di jok mobil anda. Jika bahan jok mobil menggunakan bahan kulit, kita dapat langsung mengelap tumpahan tersebut hingga bersih. Namun jika jok menggunakan bahan berjenis fabric, maka kita harus segera menyemprotkan cairan pembersih jok mobil berbahan kain. Kemudian sikat perlahan lalu lap dengan chamois atau lap lain. Untuk hal ini, akan sangat efektif jika langsung dibersihkan dengan segera setelah jok ketumpahan minuman atau makanan.
Sedangkan untuk menghilangkan bau pada kabin mobil, seperti bau apek, lembab atau bau kurang sedap lainnya, ada beberapa cara yang mungkin dapat anda lakukan. Cara yang paling tradisional dan mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan bubuk kopi hitam yang taburi di sekitar lokasi bau tersebut. Jika ingin terlihat lebih bersih dan tak menyebabkan butiran kopi bertaburan, anda dapat membungkus kopi pada kantung saring kecil seperti yang digunakan pada teh celup.
Jika anda tak menyukai aroma dari kopi, maka anda dapat menggunakan kulit jeruk sebagai alternatif. Caranya cukup dengan menyebarkan beberapa lembar dari kulit jeruk di sudut-sudut kabin, dan biarkan selama beberapa waktu hingga kulit-kulit jeruk tersebut kering dengan sendirinya.
Pilihan yang lebih modern dan paling praktis adalah dengan menggunakan air purifier yang dapat digunakan di mobil. Alat ini mampu menghilangkan aroma tak sedap pada kabin mobil dalam sekejap saja. Segala jenis bau seperti asap rokok, bau apek, bau tak sedap akan hilang dalam waktu kurang dari setengah jam.

0 Response to "Tips Cara Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil"

Posting Komentar