Ulasan Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Lancer SL - Dalam kesempatan kali ini, kembali mengulas mobil sedan era 80-an. Salah satunya yaitu Mitsubishi Lancer SL dengan kode sasis A172A yang pernah menjadi ikon mobil mewah di segmen sedan kompak karena banyak digunakan oleh para pejabat hingga pengusaha sukses di jamannya. Meskipun posisinya masih berada satu tingkat di bawah Mitsubishi Galant Sigma, namun mobil ini lebih digemari oleh penikmat mobil retro hingga sekarang.
Mitsubishi Lancer SL pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1981 atau tepatnya dua tahun berselang setelah dikenalkan oleh Mitsubishi Motor Corp. secara global di tahun 1979. Hadir melalui pilihan mesin tunggal yakni Saturn 4G33 1.4 liter berbahan bakar bensin yang juga digunakan pada Mitsubishi L300. Di segmennya, mobil ini menjadi momok menakutkan bagiToyota Corolla DX dan Daihatsu Charmant yang kesemuanya mengusung sistem penggerak roda belakang. Penjualannya dihentikan di tahun 1983 sebelum digantikan oleh Mitsubishi Lancer Fiore.
Pada bagian luarnya, Lancer SL dibalut oleh jubah yang serba mengkotak dari bagian depan hingga ke belakang tanpa terkecuali. Tampilannya benar-benar klasik dan sedikit berbeda dari sedan retro era 80-an Jepang pada umumnya yang berdimensi lebih pendek dan tinggi. Untuk bagian depan, Lancer SL dibekali dengan lampu kotak, grill horizontal berwarna hitam dengan bubuhan logo Tiga Berlian merah di bagian tengah serta bumper plastik yang juga dibaluri warna hitam di bagian bawah. Pada edisi keluaran terakhir, Lancer SL turut dibekali oleh sepasang foglamp yang dipasang pada bagian ujung grill di samping lampu utama.
Eksterior Depan Mitsubishi Lancer SL |
Dari bagian samping, disinilah letak keunikan Lancer SL yang berbeda dari para pesaing lainnya. Garis siluet pada bagasi desainnya menuruh ke bawah. Keunikan ini pastinya memberikan kesan negatif karena memakan kapasitas untuk barang bawaan ruang bagasi. Sedangkan untuk rodanya, mobil retro ini hanya dibekali oleh velg baja.
Eksterior Samping Mitsubishi Lancer SL |
Kini beralih ke bagian buntutnya. Lancer SL menggunakan stoplamp plastik dengan posisi lampu rem menyatu dengan lampu sein. Sementara itu, untuk lampu mundurnya diletakkan di bumper bawah yang kerap menjadi korban jika terjadi tubrukan dari belakang.
Eksterior Belakang Mitsubishi Lancer SL |
Jangan berharap adanya teknologi canggih atau kemewahan dibalik interior mobil ini. Karena itu adalah sebuah ekspektasi yang terlalu tinggi untuk sebuah sedan 80-an. Lancer SL hanya dibekali fitur AC dan head unit stereo saja. Selebihnya masih serba manual seperti membuka dan menutup kaca masih menggunakan engkol serta belum adanya power steering. Hal lain yang menjadi poin lebih untuk urusan kabinnya adalah desain dashboard dengan kualitas super rapi plus ukuran ruang kabin yang sangat luas di kelasnya .
Interior Mitsubishi Lancer SL |
Kinerja dan Performa Mesin Mitsubishi Lancer SL
Pada bagian dapur pacu Lancer SL, Mitsubishi mempercayakan mesin karburator 1.4 liter (1400cc) SOHC yang juga digunakan untuk unit perdana L300 versi bensin. Output tenaga yang dihasilkan berada di kisaran angka 84 HP pada putaran 6.000 RPM dan torsi 117 Nm pada 3.800 HP. Satu hal yang cukup disayangkan mengingat varian mesin untuk market Asia Tenggara khususnya Indonesia ini adalah mesin yang digunakan pada Lancer Gen1. Masih mengandalkan 8 katup sedangkan untuk market Jepang dan Amerika yang juga bermesin 1.4 liter mengadopsi mesin 4G12 yang lebih bertenaga dan sudah 12 katup.
Mesin Mitsubishi Lancer SL |
Impresi dan Handling Mitsubishi Lancer SL
Berada di balik kemudi Lancer SL bisa dikatakan adalah salah satu pengalaman yang menyenangkan untuk seukuran mobil klasik. Bobotnya yang hanya 855 kg memastikan mobil ini mampu melaju kencang yang hanya ditenagai oleh mesin berkapasitas kecil. Namun harap berhati-hati jika melaju dalam kecepatan tinggi, karena suspensinya yang ketinggalan jaman bisa-bisa membuat mobil terpental ketika melewati lubang. Lantas bagaimana untuk handlingnya? Meskipun tanpa power steering ataupun teknologi canggih lainnya, handling mobil ini tergolong cukup mantap karena beban mobil sepenuhnya di gerakkan oleh roda belakang.
Spesifikasi Mitsubishi Lancer SL
- Mesin : Saturn 4G33 karburator 1.4 liter (1400cc).
- Konfigurasi : 4 silinder segaris 12 katup SOHC.
- Tenaga : 84 HP @6.000 RPM.
- Torsi : 117 Nm @3.800 HP.
- Bore x stroke : 73 mm x 86 mm.
- Rasio kompresi : 9:1.
- Konsumsi BBM : 8-11 km/L (dalam kota), 10-13 km/L (luar kota).
- Transmisi : Manual 5 percepatan.
- Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang Rigid Axle.
- Rival : Toyota Corolla DX dan Daihatsu Charmant.
- Tahun Penjualan : 1981 - 1983.
Harga Mitsubishi Lancer SL
- Tahun 1981 : 15 Juta.
- Tahun 1982 : 17 Juta.
- Tahun 1983 : 20 Juta.
Kelebihan Mitsubishi Lancer SL
- Akselerasi kuat di gigi 3 dan 4.
- Mesin minim perawatan.
- Body shape sangat klasik.
- Harga sparepart murah.
- Sudah dibekali tilt steering.
Kekurangan Mitsubishi Lancer SL
- Body rentan keropos.
- Tidak ada fitur kelistrikan untuk ruang kabin.
- Belum power steering.
- Rem kurang pakem.
- Akselerasi boyo untuk gigi 1 dan 2.
- Beberapa part body mulai langka.
- Bantingan suspensi sangat keras.
Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Lancer SL. Bagi Anda yang kekurangan dana untuk meminang Corolla DX dalam kondisi super mungkin mobil ini bisa dijadikan alternatif. Seiring berkembangnya waktu, Lancer SL semakin digemari dan pemiliknya akan siap dibantu oleh teman-teman dari komunitas Lancer SL Never Die Indonesia.
0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Lancer SL"
Posting Komentar