KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MITSUBISHI LANCER CK4 "EVO 4"

Sebelum memulai postingan ini, Topgir ingin menjelaskan sedikit mengenai sejarah mobil ini. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1995, Lancer generasi keenam ini penjualannya tersedia di seluruh belahan dunia. Sedangkan di Indonesia pertama kali dijual pada tahun 1996.

Sebenarnya Lancer Evo 4 yang hadir di Indonesia hanyalah sebatas "versi biasa" yang aslinya sering disebut sebagai Mitsubishi Lancer CK4. Namun karena desain dan bentuk bodynya yang sangat mirip dengan Lancer Evo 4 yang merupakan versi superior yang terkenal pada ajang rally kelas dunia, maka orang di Indonesia lebih senang menyebutnya dengan Lancer Evo 4. Walaupun desain luarnya sangat mirip, namun perbedaannya sangatlah berbeda khususnya pada bagian bawah kap mesin. Untuk itu, review berikut ini akan disebutkan dengan nama Evo 4 agar Anda tidak kebingungan.

Eksterior Mitsubishi Lancer Evo 4
Disinilah letak hal yang paling menarik dari mobil ini. Desainnya bodynya sangat atraktif dan jauh dari kesan ketinggalan jaman. Body bulat dan mungil ciri khas Evo generasi sebelumnya benar-benar hilang pada mobil ini dan digantikan dengan beberapa lekukan tajam. Dengan penampilannya yang gagah, maka tak heran jika mobil ini banyak dijadikan sebagai daftar utama bagi ABG yang memiliki budget di bawah 70 Jutaan. Hanya dengan mengganti bumper depannya dengan model rally Evo 4, mobil ini akan sulit untuk dikenali sebagai Lancer CK4.

Interior Mitsubishi Lancer Evo 4
Penggunaan material interior masih sama dengan model sebelumya, yaitu plastik. Hal ini sangat disayangkan karena membuat imagenya terlihat murah. Keluhan yang paling sering diajukan oleh para pemilik mobil ini di forum-forum otomotif adalah dashboardnya yang cepat getas dan tombol konsol yang seringkali pecah karena rapuh bagi mereka yang memencetnya dengan keras. Selebihnya, untuk ruang kabin masih berada dalam batas toleransi, tidak terlalu lapang namun juga tidak bisa dikatakan sempit. Cukup ideal bagi Anda yang sering melakukan perjalanan beranggotakan 4 orang beserta supir.

Mesin Mitsubishi Lancer Evo 4
Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya, perbedaan mesin yang digunakan oleh Lancer Evo 4 dan Lancer CK4 sangatlah berbeda. Lancer CK4 versi lokal mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter dengan kode 4G92, 4 silinder segaris 16 katup SOHC yang mampu menyemburkan tenaga 110 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 137 Nm pada putaran 5.000 RPM dengan berpenggerak roda depan saja. Sedangkan untuk Evo 4 aslinya menggunakan mesin dengan kode 4G63T berkapasitas 2.0 liter DOHC yang tenaganya sangatlah liar dan torsi yang melimpah, serta dibekali dengan sistem penggerak All-Wheel Drive (AWD).

Handling Mitsubishi Lancer Evo 4
Faktanya, Mitsubishi Lancer adalah sebuah sedan kompak yang diproduksi untuk mengisi kelas di bawah Mitsubishi Galant, sehingga warisan dari Galant yang terkenal handlingnya bagus juga hinggap di mobil ini. Keberhasilan Mitsubishi yang melahirkan sedan dengan handling super memang tidak perlu diragukan lagi, maka tidaklah berlebihan jika Mitsubishi dikatakan sebagai BMW-nya Jepang, karena sama-sama mengedepankan handling mumpuni untuk setiap produknya.

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Evo 4
  • Tahun penjualan : 1996 - 2000. 
  • Mesin : 4G92, 4 silinder segaris 16 katup SOHC. 
  • Tenaga maksimum : 110 HP @6.000 RPM. 
  • Torsi puncak : 137 Nm pada putaran @5.000 RPM. 
  • Bore x Stroke : 81 mm x 77.5 mm. 
  • Rasio kompresi :10:1 
  • Konsumsi bahan bakar : 8-11km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed otomatis. 
  • Suspensi: Depan McPherson strut + stabilizer, belakang multilink + stabilizer. 
  • Rival : Toyota All New Corolla dan Honda Civic Ferio. 

Harga Mitsubishi Lancer Evo 4


    Karena pada dasarnya mobil ini hadir dengan dua varian yaitu GLXi dan SEi, maka harga yang ditawarkan juga berbeda. Lancer Evo 4 tahun 1996 - 2000 tipe GLXi, harganya berada di kisaran angka 60 juta - 80 juta, sedangkan untuk tipe SEi, harganya lebih mahal 5 jutaan karena aksesorisnya lebih lengkap.
      Kelebihan Mitsubishi Lancer Evo 4 
      • Handling bagus. 
      • Sparepart banyak. 
      • Model mirip Evo 4 asli yang telah terkenal di ajang Rally internasional. 
      • Biaya perawatan lumayan murah, walaupun sedikit lebih mahal dari rivalnya. 
      • Harga bertahan. 

      Kekurangan Mitsubishi Lancer Evo 4 
      • Suspensi dan kaki-kaki ringkih. 
      • Harga sparepart mahal. 
      • Susah mendapatkan mobil ini dalam keadaan sempurna untuk harga yang terjangkau.

      0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MITSUBISHI LANCER CK4 "EVO 4""

      Posting Komentar