Tips Cara Merawat Wiper Mobil

Saat musim hujan, fungsi wiper sebagai alat untuk membersihkan kaca dan menyapu air hujan tentu menjadi sangat diperlukan. Oleh karena itu, wiper akan sangat membantu kita untuk memudahkan dalam berkendara saat hujan turun. Wiper yang tidak terawat dan tidak berfungsi baik akan sangat mengganggu dan mengurangi konsentrasi berkendara.
Wiper yang tidak menyapu air hujan dengan merata akan membuat jarak pandang mengemudi menjadi terganggu. Begitu pula suara berisik yang keluar dari engsel wiper, akan memecah konsentrasi. Oleh karena hal tersebut, ada baiknya anda mulai memperhatikan wiper mobil anda. Berikut ini beberapa tips cara merawat wiper mobil kesayangan anda agar dapat berfungsi normal saat digunakan.
Cara Merawat Karet Wiper Mobil
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi karet wiper mobil anda. Jika karet sudah getas atau retak-retak, maka lebih baik langsung diganti saja. Sedangkan cara merawat karet wiper agar lebih awet juga cukup mudah. Jangan pernah mengelap karet wiper dengan terlalu kuat. Karet wiper biasanya sudah diberi lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga agar karet tetap elastis dan tidak mudah retak.
Saat tidak digunakan, cobalah untuk memasang stand penyangga wiper mobil. Dengan cara ini, maka karet wiper tidak akan menempel pada kaca mobil dan tidak membuat debu atau kotoran menumpuk pada karet wiper. Stand wiper sendiri biasanya bisa anda dapatkan di toko aksesoris mobil dengan harga mulai 50 ribuan.
Selanjutnya, periksa bagian poros dari engkol wiper (baut wiper link). Jika terasa sudah loss, longgar atau patah, langsung lakukan penggantian. Namun jika terlihat putaran kurang lancar, cukup berikan cairan untuk melancarkan saja. Contohnya adalah cairan 4WD yang dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko atau bengkel.
Selanjutnya, selalu pastikan air wiper dalam tangki selalu terisi. Jika tidak terlalu penting, hindari penggunaan air wiper yang banyak dijual di pasaran. Air wiper ini umumnya mengandung asam yang dapat mengendap dalam tangki air wiper dan berpotensi menyumbat saluran penyemprotan air wiper. Gunakanlah air biasa yang dapat diperoleh dengan mudah. Jika mau, anda dapat menambahkan shampo.
Terakhir, cek juga kondisi dan arah semprotan air wiper mobil anda. Pastikan jalur semprotan lancar dan arahnya juga tepat ke bagian yang terkena sapuan wiper mobil. Jika semprotan kurang lancar, anda dapat mencoba menggunakan peniti untuk membersihkan atau menyetel arah semprotan yang akan keluar.

0 Response to "Tips Cara Merawat Wiper Mobil"

Posting Komentar