Ini Penyebab Rem Mobil Bunyi Berisik

Selama berkendara atau mengemudi mobil, kita pasti pernah mengalami kondisi dimana rem mobil mengeluarkan bunyi berdecit atau berisik saat pedal rem diinjak. Biasanya kondisi ini lebih sering terjadi setelah mobil yang kita gunakan melewati genangan air, jalanan berdebu atau juga sudah dipergunakan untuk perjalanan jauh.
Tugas rem yang bekerja cukup berat, apalagi saat perjalanan jauh dan sering digunakan seperti melewati jalur menurun, akan membuat kinerja rem menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, adalah hal yang cukup normal saat rem mulai kurang maksimal. Namun, dikarenakan rem adalah komponen yang cukup vital untuk keamanan berkendara, maka harus dengan segera untuk diatasi permasalahannya. Dan berikut ini beberapa penyebab rem mobil bunyi yang perlu untuk diwaspadai.
Penyebab Rem Mobil Bunyi
Kanvas Rem Menipis atau AusKanvas rem yang aus akan membuat piringan cakram rem lebih sering bergesekan dengan plat penjepit kanvas rem. Efeknya, tentu bunyi gesekan besi akan sering terjadi saat kita menginjak rem. Umumnya, kanvas rem memang perlu untuk dicek setidaknya satu tahun sekali. Jika mobil sering dipakai melalui jalur yang berat seperti kemacetan dan jalanan menurun, maka pemeriksaan baiknya dilakukan lebih cepat. Dengan cara ini, maka kampas rem mobil anda tidak akan sampai terlalu menipis atau habis.
Cakram / Tromol Rem Sudah Tidak Rata
Saat dipergunakan, kanvas rem dan tromol akan yang terus bergesekan berulang kali akan membuat permukaan cakram dan tromol menjadi kurang rata. Selain menimbulkan bunyi, permukaan cakram dan tromol yang kurang rata akan membuatmobil terasa bergetar saat melakukan pengereman.
Jika kondisi permukaan tidak rata dan tidak terlalu parah, mungkin bengkel akan dapat memperbaikinya dengan cara melakukan bubut da meratakan permukaan cakram seperti semula. Namun dalam kondisi yang sudah cukup parah, bisa saja anda harus mengganti cakram mobil dengan set yang baru.
Rem Kotor
Semakin sering digunakan, maka debu dan kotoran akan menempel pada permukaan rem. Jika kondisi hujan atau melewati jalanan basah, maka debu dan kotoran tersebut bisa saja mengeras dan membuat lapisan tipis di permukaan kanvas rem atau juga di permukaan cakram. Efeknya, saat rem diinjak maka tidak akan semulus biasanya dan mengeluarkan suara yang cukup berisik. Untuk membersihkannya, anda dapat menggunakan cairan khusus pembersih rem. Namun disarankan untuk dilakukan di bengkel agar sistem pengereman dapat dibongkar terlebih dahulu dan dibersihkan secara keseluruhan.
Sistem Rem Macet
Biasanya penyebab rem menjadi macet adalah karena piston rem sudah mengalami kerusakan dan tidak bergerak dengan baik. Efeknya saat rem dipijak maka kanvas tidak akan menekan dengan baik. Atau saat pedal rem dilepas, namun mobil masih terasa berat dan mengeluarkan bunyi pada rem karena piston tidak berbalik ke posisi semula. Untuk memperbaikinya, maka harus mengganti karet piston rem dan juga membersihkan permukaan piston rem mobil anda.

0 Response to "Ini Penyebab Rem Mobil Bunyi Berisik"

Posting Komentar