Tips Agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama

Accu atau aki merupakan satu-satunya sumber pemasok listrik yang dibutuhkan olehmobil untuk dapat berfungsi dengan normal. Agar selalu dalam kondisi optimal, kondisi aki mobil juga harus selalu dalam kondisi yang baik dan prima. Oleh karena itu, meski secara pemakaian dan perawatan aki tidak terlalu rumit, kita tetap harus memperhatikan kondisi aki dan juga komponen-komponen pendukungnya.
Umumnya, usia atau masa pakai aki mobil di antara 3 sampai 5 tahun. Namun tanpa perawatan dan jika tidak diperhatikan, aki bisa saja hanya terpakai 1 atau 2 tahun. Oleh karena itu, simak beberapa tips agar aki mobil tahan lama berikut ini.
Tips Memperpanjang Usia Pakai Aki Mobil

Tips Agar Aki Mobil Awet

Matikan Alat Elektronik
Dalam mobil, terdapat banyak fitur yang membutuhkan asupan tenaga listrik untuk dapat digunakan. Contohnya saja lampu depan, lampu parkir, lampu rem, wiper, radio, tape atau perangkat musik dan video, perangkat navigasi dan juga blower AC. Oleh karena itu, sebelum anda mematikan mobil maka pastikan semua perangkat tersebut sudah pada kondisi off/mati terlebih dahulu. Jika semua peralatan tersebut ada yang dibiarkan menyala, tidak hanya daya aki yang terkuras, tapi juga sistem kelistrikan mobil bisa saja menjadi rusak.
Charge Aki Jika Mobil Akan Ditinggal
Jika anda akan meninggalkan mobil tidak terpakai, maka pastikan agar aki mobil sudah terlebih dahulu terisi penuh. Jangan sampai aki mobil anda sampai kering atau kehilangan daya listrik saat anda tinggal. Cara lain yang dianjurkan tentu tetap memanaskan mobil meskipun tidak digunakan agar aki tetap terisi.
Hindari Korosi Pada Aki
Aki dapat mengalami korosi atau karat pada bagian kepala / terminal aki. Biasanya hal ini dikarenakan tumpahan atau luapan air aki yang mengenai bagian logam. Korosi atau karat pada aki ini dapat memperpendek usia pakai aki mobil anda. Oleh karena itu, bersihkan aki dari korosi agar aki mobil lebih awet. Anda bisa membersihkan sendiri, atau meminta montir untuk dibersihkan saat melakukan servis rutin.
Cek Kondisi Kabel-Kabel
Kondisi kabel yang baik akan membuat hantaran listri menjadi lebih baik dan stabil. Jika ada yang terkelupas hingga bersenggolan, atau sambungan / kaitan yang tidak kuat, maka konsumsi listri akan lebih tinggi. Bahkan hal ini juga sangat berbahaya karena bisa saja menyebabkan korsleting dan mobil terbakar.
Selain itu, pastikan pula aku terpasang di posisi yang mantap dan tidak mudah goyang. Periksa juga drive belt pada dinamo cas terpasang dengan baik. Pemasangan yang kurang tepat, terlalu kendor atau terlalu kencang akan membuat aki tidak terisi sempurna.

0 Response to "Tips Agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar