Penyebab Mobil Sulit Untuk Di Starter

Tentu terasa tidak menyenangkan jika saat kita akan menggunakan mobilkesayangan, namun entah kenapa tiba-tiba mobil tidak bisa di starter. Terlebih lagi jika kita sedang terburu-buru untuk meeting dengan client atau ada acara mendesak. Hal ini tentu sangat mengesalkan.
Namun mobil menjadi sulit untuk si starter karena beberapa alasan. Utamanya, tentu karena mobil jarang di rawat atau kurang mendapat perhatian khusus di bagian yang satu ini. Agar tidak sampai terulang, atau tidak sampai menimpa anda, kenali beberapa hal yang mengakibatkan mobil menjadi sulit untuk di starter atau dinyalakan.
Penyebab Mobil Sulit Di Starter DInyalakan
Tegangan Aki Tidak Memadai
Jika saat di start anda mendengar bunyi motor starter (dinamo start) terasa berat untuk berputar, kemungkinan besar penyebabnya adalah tegangan listrik pada aki kurang kuat untuk memutar dinamo start tersebut. Untuk memastikan, anda dapat mengukurnya dengan memanfaatkan multi meter atau volt meter. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakai aki yang sudah cukup lama, atau sistem pengecasan dan kelistrikan aki yang kurang baik. Jika hal ini menimpa anda, mobil masih bisa dinyalakan sementara dengan cara didorong.
Busi Mobil Bermasalah
Jika busi mesin mobil bermasalah, maka hal ini juga akan membuat mobil anda menjadi sulit di starter. Masalah pada busi mobil bisa saja busi terlalu kotor, celah terlalu besar atau juga celah yang terlalu rapat. Untuk mengeceknya, anda harus mengecek kondisi busi dengan cara melepasnya terlebih dahulu. Sementara untuk ukuran celah busi, anda harus mengukurnya dengan menggunakan feller gauge.
Karburator Banjir
Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, kondisi karburator yang banjir akan membuat mesin mobil menjadi sulit untuk dinyalakan. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus membongkar karburator lalu menyetel pelampung ke posisi yang benar. Jika anda tidak dapat menyetel sendiri, anda dapat meminta bantuan bengkel atau montir langganan anda.
Pompa Bensin Sudah Lemah
Pompa bensin memiliki fungsi untuk memompa bensin dari tangki bensin agar dapat tersalurkan ke karburator. Jika kerja pompa ini sudah melemah, maka aliran bensin juga menjadi tidak lancar. Akibatnya, suplai bahan bakar tidak stabil dan menyebabkan mobil sulit untuk distarter. Jika pompa bensin sudah melemah atau tidak berfungsi baik, maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Selain membuat mobil sulit dihidupkan, hal ini bisa saja menjadi masalah saat anda tengah di perjalanan.
Sensor WTS Bermasalah
Untuk mobil yang sudah menggunakan injeksi, maka terdapat sensor suhu (WTS) yang berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin mobil dan mengirimkan sinyal ke ECU. Jika sensor WTS ini bemasalah dan mengirimkan sinyal yang salah, maka secara otomatis akan mempengaruhi kerja sistem injeksi mobil. Efeknya, mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.

0 Response to "Penyebab Mobil Sulit Untuk Di Starter"

Posting Komentar