Tips Memasang Roof Box Untuk Mobil

Belakangan ini makin marak trend memasng roof box atau bagasi tambahan di atapmobil. Apalagi saat musim liburan dan musim mudik, beragam mobil mulai terlihat memiliki roof box di bagian atap mereka. Hal ini tentu jelas bertujuan untuk menambah kapasitas barang bawaan saat nanti mereka akan melakukan perjalanan jauh.
Di pasaran, ada banyak merk dan model roof box yang bisa kita dapatkan. Masing-masing tentu menawarkan kelebihan yang berbeda-beda. Harga roof box pun cukup beragam tergantung dengan kualitas dan merknya. Namun demikian, sebelum membeli roof box ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Contohnya saja material, kekuatan dan kapasitas roof box. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan jika anda ingin memasang roof box untuk mobil.
Tips Memasang Roof Box Mobil
Untuk memasang roof box pada mobil, sangat dianjurkan hanya dilakukan pada mobil yang memang sudah memiliki roofrail atau braket untuk roof box di bagian atap mobil. Hal ini dikarenakan roof rail memang sudah didesain untuk menyangga beban bawaan. Jika tidak memiliki roof rail, biasanya beberapa model mobil juga memiliki struktur penyangga roof box tambahan di sisi-sisi atap. Jika tidak ada penyangga, sangat tidak disarankan untuk memaksakan memasang roof box.
Meski sudah memiliki roofrail, maka jangan lupa untuk memberikan penguat atau melakukan reinforce terhadap dudukan yang sudah ada. Biasanya, reinforce ini dilakukan dengan memberikan plat khusus yang memang dirancang untuk dapat menahan beban barang bawaan.
Jika mobil tidak memiliki roofrail dan anda tetap akan memasang roofrail tambahan, maka perhatikan bagian karet atap. Hindari untuk memasang roof rail pada bagian yang terdapat karet atap. Jika sampai terjadi kerusakan pada karet atap, maka dikhawatirkan atap mobil akan menjadi bocor. Sehingga saat hujan turun, air akan masuk ke dalam kabin mobil.
Setelah roof box terpasang, disarankan untuk tidak menaruh beban berat ke dalam roof box tersebut. Meski mobil sudah terpasang roof rail sejak awal, bukan berarti tidak memiliki batas beban maksimal. Dalam beberapa kasus, mobil yang membawa barang berat dengan menggunakan roof box kerap mengalami kerusakan pada struktur atap. Khsusnya untuk mobil yang menggunakan roof rail tambahan sendiri. Selain itu, membawa mobil dengan beban berlebih juga dapat membahayakan anda dalam berkendara 

0 Response to "Tips Memasang Roof Box Untuk Mobil"

Posting Komentar