Tips Cara Mencuci Mobil Warna Putih

Mobil dengan cat warna putih sepertinya bisa dibilang kalau selalu tinggi peminat. Tak hanya mobil baru yang dipilih orang untuk membeli versi warna putih, pemainmobil retro juga banyak yang menjadikan warna putih sebagai pilihan saat melakukan restorasi cat mobil mereka.
Sayangnya, mobil dengan warna yang cenderung neteral ini rentang dengan efek warna kekuningan yang diakibatkan oleh kotoran, polusi atau juga oksidasi pada cat. Oleh karena hal tersebut, mobil warna putih membutuhkan perawatan khusus agar tidak sampai menguning. Berikut ini beberapa tips perawatan dan cara mencuci mobil warna putih.
Tips Cara Merawat Mobil Warna Putih

Perawatan Mobil Warna Putih Agar Tak Menguning

Sebelum mulai mencuci mobil, bersihkan terlebih dahulu body mobil dari debu atau kotoran dengan menggunakan kemoceng. Hal ini bertujuan agar kotoran tersebut tidak menjadi penyebab cat mobil menjadi lecet saat mulai dicuci dengan sabun. Atau anda juga dapat menyiram body mobil beberapa waktu dengan menggunakan air bertekanan agar debu dan kotoran terlepas.
Cucilah mobil anda dengan menggunakan air yang bersih dan tidak memiliki kandungan karat yang cukup tinggi. Jika air yang biasa anda pakai untuk mencuci mobil memiliki kualitas rendah, setela beberapa lama biasanya akan menimbulkan jamur serta noda kuning.
Pemilihan shampo untuk mencuci mobil juga dapat mempengaruhi warna mobil anda, khususnya yang berwarna putih. Shampo yang terlalu banyak mengandung detergen atau busa terkadang rentan merusak pelapis pelindung pada cat mobil anda. Pilihlah shampo yang memang khusus untuk mobil. Jika tidak terlalu masalah, pilih shampo mobil keluaran merk ternama yang banyak dijual di pasaran.
Saat mencuci mobil, cobalah untuk tidak menggunakan sponge. Gunakan lap khusus cuci mobil seperti micrfiber wash mitt. Cuci body mobil dengan sabun hingga benar-benar merata dan kotoran terlepas dari cat mobil. Kemudian bilas dengan air hingga benar-benar bersih dan kotoran serta sabun tersapu dari body mobil.
Selanjutnya keringkan mobil dari sisa-sisa air hingga benar-benar kering. Gunakan lap yang memiliki serat halus dan memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Hindari kondisi dimana tersisa tetes atau bercak air karena beresiko membuat cat pudar dan menimbulkan jamur.
Untuk perawatan dan perlindungan cat mobil anda, lakukan pemolesan dengan wax yang memiliki kandungan pH sekitar 0,3 setidaknya seminggu sekali. Saat memoleskan wax pada mobil anda, perhatikan petunjuk yang ada pada label. Terlalu sering menggunakan secara berlebihan juga dapat merusak lapisan pernis pada cat mobil anda.

0 Response to "Tips Cara Mencuci Mobil Warna Putih"

Posting Komentar