konsumsi BBM mobil di Indonesia

Perbandingan konsumsi BBM ini menggunakan satuan liter dan kilometer, sebagai contoh jika tertulis 1:6 artinya adalah tiap 1 liter BBM dapat menempuh jarak 6 km. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi jalan saat berkendara umumnya informasi disampaikan dalam kota atau luar kota, tol ataukah jalan umum biasa atau kombinasi keduanya. Selain itu, usia kendaraan juga menjadi perhatian, karena semakin tua kendaraan kemungkinan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar karena pembakaran yang tidak sempurna dan faktor keausan komponen mesin.
Cara berkendara juga menjadi penentu dalam pemakaian bahan bakar yang dikonsumsi kendaraan. Semakin sering melakukan akselerasi dan pengereman, maka akan banyak menguras bahan bakar.

Berikut ini daftar konsumsi bahan bakar beberapa mobil:

Konsumsi Bahan Bakar AUDI

A4
audi A4 2600cc V6. 1 : 4.7 (Dalam kota, full AC)
A6
audi A6 4200cc V8 Quattro (AWD). kira2 1 : 5 an. (Full AC, jalan relatif lancar)
Q7
Q7 4.2 TFSI ’07 dalkot 1:5.5 tol/kombinasi 1:7 (Pertamax Plus)

Konsumsi Bahan Bakar BMW

318i:
Tahun 1993: mixed using 1:8 – 11
BMW 318i E46 ’00 ring 18″, Klo nyupir ny lgi nyante bin ngaso, 1 liter bisa dapet 8-9km pake petramax, Kalo lgi buru2 bisa 1:5 bhkn kurang.
18i M43 jebolan 96, dalkot dapet 1:6,7 en Lukot dapet 1:12,3
320:
BMW 320 ’96  2000cc Pertamax (Bintaro – Sudirman PP), (Cibubur – Thamrin PP), Standard, Dalam Kota 1:9,5, Luar Kota : 1:12
BMW 320i ’12 dalkot: 8km/l lukot: 11km/l
Bmw E90 320. Dalkot jakarta: 1:7-1:8 kec rata2 19kmh dari OBC. Lukot 1:11-1:14
320i 2010. Dalkot 1:6-7 isi pertamax.. Lukot 1:8-9 isi pertamax
323i:
323i 97: dalem kota 1:8,8 pake shell super
325i:
325i Tahun 2001 -> 1 : 5 ( velg 19″, audio, dll )
bmw 325i. luar kota tol, speed range 80-100, max. 120 -> 1 : 10.
325i m40 1989, 2500cc 6cyldr m/t –> dk 1:6 lk 1:8
BMW 325i M54 2003 minum Kerang Super. Dalkot 1:6 LuKot Kombinasi 1:11 Lukot 1:15
518i:
BMW E34 518i ’92 Velg’18 breyton, bagasi full audio, ac always on, premium, Dk 1:8 isi 2 orang sm bini . LK 1:12 jkt – bdg tol cplarang ,speed 120kpj-180kpj isi 4 orang
520i
bmw e34 m50 vanos 2000cc thn ’95. dalkot = 1:5,4 (per+)
528i
BMW 528i 1997 Dalkot 1:5  Luar Kota 1:7
530i:
bmw 530i M54 2001. dalam kota macet 1:6.5 – 1:7. tol 1:10 (Pertamax)

Konsumsi Bahan Bakar CHEVROLET

AVEO
All new AVEO Triptonic 2013 1.4L. Dalkot solo 1:9. Luar kota 1:11
CAPTIVA
Captiva, Dalkot 1:9-1:10 lukot 1:15 (Solar biasa)
Chevrolet captiva awd 2009 vcdi 1:6.5 – 1:7,2 dalkot lukot ga beda jauh
Chevrolet captiva vcdi facelift 2013 1:7,5 – 1:8 dalkot * hitung manual full to full bbm pertamina dex
Spark
Chevrolet Spark 2004, standard ~1 ltr = 9,97 km, ini konsumsi waktu pertama kali belajar naik mobil. Dalam kota, pake AC ~1 ltr = 12 km, ini konsumsi setelah servis. Dalam Kota, pake AC
Zafira
ZAFIRA MT 03. ~Pertamax dalkot Bandung 1:7,5 ~lukot Bandung-Jkt 1:14an kecepatan sktr 120kpj,klo lbh dr 120kpj bisa 1:10.

Konsumsi Bahan Bakar DAIHATSU

Ayla
Ayla 2013 MT. Pake Pertamax 92 Dalkot 1:16.
Gran Max
grandmax blind van ane pake pertamax gan. ac selalu 1/4 bar. standart total. mesin 1300cc. dalam kota rata2 1:11-13. luar kota 1:20
TAFT
FEROZA, dalam kota bandung 1:4,6 liter
Nambah taft f69 hiline short Diesel kondisi lagi sehat semua . Dalkot 1:10 Lukot 1:12
TARUNA:
Taruna CL EFI 2001 . dalkot 1:9. pake premium..driving style defensif
Taruna FGX ’02 dalkot 1:9 , lukot 1:11-12 (full Ac)
Taruna cx’00 karbu 1:6
Taruna CSX 1999 karbu no modif -> dalem kota 1:9.5 full AC. luar kota 1 : 12-14 full AC
taruna karbu 00 dalkot 1:6
taruna cl efi 2001. dalkot : 1-8. lukot : 1-10
taruna cx carbu taun 99.. dalkot : 1:6-7. luar kota : 1:10
taruna fgx 2002, dalkot doank rata2 1:7,5 (premium), pake pertamax baru bisa nembus 1:8
taruna CSX’03, dalkot–>1:8 (macet parah) – 1:10 normal jakarta, luar kota–> 1:13 (avg speed 80-90 km/h malam) atau 1:12 (siang hari)
Daihatsu Taruna FGX’03 EFI, ban standar, full AC, jalan konstan 80-90km/jam (RPM dibawah 3) Jakarta-Indramayu bolak-balik, 12,3km/ltr
Taruna 2003 dalkot 1:8-1:9 …lukot 1:13-1:14 (tergantung kaki)
TERIOS:
Terios, velg 18″ ban 245-45 -> 1:9-1:10, Terios ban standard -> 1: 11an
Terios TX M/T. Premium ; 1:10.94KM (Dalkot)
terios matic, 1:7 dalam kota
Terios 2008 bensin campur pertamax-premium, dalkot 1:10/11
Terios 2014 = 1:10 dalkot (surabaya, 1 penumpang, ac+audio). 1:14 lukot (80-100 kph, 3 penumpang, ac+audio). Premium.
Terios 2010 matik = dalkot 1 : 8 ; lukot 1 : 11 ; premium
SIRION
Sirion MT ’08, kombinasi 1:12
sirion D ’08; FC kombinasi (agak macet + lancar + gas santai + bejek) 1L : 11,88KM
Sirion 2011 matik = dalkot 1 : 11 ; lukot 1 : 16 ; premium
XENIA
xenia li 2005. dalam kota variasi macet (ciputat-pondok indah) 1:9,6-9,8. luar kota (ciputat-bandung via cipularang). nyantai (stabil di 80 km/h) = 1:16,3. rada buru buru (100km/h-110km/h) = 1 : 14
Xenia 1.3 vvti tahun 2009 manual bbm premium. Dalam kota 1:9-10. Luar kota 1:13
xenia xi1.3 m/t 2004 + xenia Rdeluxe1.3 2013 premium. dalkot 1:10 lukot 1:14
Xenia Xi 2008 manual = dalkot 1 : 9 ; lukot 1 : 13 ; premium
Xenia 1000 cc manual (kalo ga salah xenia keluaran 2009 punya) dalkot 1:10 koma.

Konsumsi Bahan Bakar FIAT

UNO
fiat uno 1400cc ’90 manual. dalkot 1:8,5. lukot 1:9. dalkot macet parah 1:7. kaki sopan premium full to full. gila ni mobil kenceng abis, lawan avanza jauh bgd di kentutim terus ma uno

Konsumsi Bahan Bakar FORD

ECOSPORT
Ford ecosport MT. minum premium + shell. rutin pp sentul – sunter setiap hari. average terbaik 1 : 18,4. average terburuk 1 : 14 — ngebut sd 120 km/jam. Jadi…biaya bensin 250 rb / 5 hr kerja.
ESCAPE
ford escape 2.3 cc ’06 dalkot 1:6.5 – 1.7 tol/kombinasi 1:8 – 1:9
FALCON
1978 Ford Falcon XBGT 351 (4 door) . V8 Cleveland 5700 cc, Edelbrock 4 barrel carb. dalkot = 1 : 5. dalkot macet = 1 : 2. lukot lancar (60 km/jam, 1300 rpm) = 1 : 8. lukot kebut2an lawan jepangan = 1 : 4. malem minggu = 1 : 1
FIESTA
fiesta ecoboost, kombinasi (di denpasar) avg 1:15 (pertamax). metode full to full selama 3 minggu
Ford fiesta 1.6 2010 1:7 dalkot

Konsumsi Bahan Bakar HONDA

ACCORD:
Honda Accord VTi M/T ’06:  1:6-8 = dalkot, 1:13 = Tol konstan, 1:5 = Lg kerasukan setan Tol
accord 01 1:5
accord ’80 >dalam kota = 1 : 10 (AC) – 12 (Non AC) speed antara 40-60KM/Jam >Luar kota = 1 : 13 (AC) – 15 (Non AC) speed antara 100-120KM/Jam (TOL)
Accord cp2 2008 matik = dalkot 1 : 8 ; lukot 1 : 12 ; premium
AIRWAVE
Honda Airwave 2009 Automatic, Dalam Kota –> 1 : 14an, Luar Kota –> 1 : 18an. Ban udah diganti 17″
BRIO
Brio 2014 1200cc A/T. dalkot 1:11, lurkot 1:15, cruising 80-120 1:19, kombinasi 1:14. standard. Pertamax / Shell Super. rajanya irit
Brio 1200 A/T 2014, ban standar, 29-27, shell super. dalkot sial2nya 1:9, dalkot normal 1:11, lurkot 1:18, kombi 1:14
Brio 2013 M/T. selalu di rentang 1:12 – 1:13. kalo full cuma dibawa kekampus depok tanpa dalkot sama sekali, 1:15 – 1:17
Brio E 1.2 MT Silver 2014 dalam kota 1:12.5. kecepatan >60km/jam 1:18
CIELO:
Cielo ’94 AT. Dalkot : 1:7-8 |.. maknyussss pipisnya tp mantap. Lukot : 1:9-10|..lebih muantap
Cielo 95 (blom vtec). Dalkot 1:6. Lurkot 1:10
CITY
city z vtec ’00. dalkot kalau lancar mencapai1:11, kalau macet(seperti biasa) 1:8. lukot depok-bandung pp 1:15,88 kecepatan 100-120kph, 1:14 kecepatan 120-140
City Z Vtec ’00 (A/T), Dalkot: 1:11, Luar kota (tol): 1-14 (rekor 1:17). Ac on, penumpang 4 org, kecepatan rata2 100kmh. minumnya premium
honda city typeZ 2000 manual, dalkot 1:10, luarkota 1:14, kemasukan setan tol 1:7, pake shell 92
honda city i-dsi 2003 , dalkot:1:11, luar kota:1:14, BBM premium
new city idsi ’04, dalkot 1:12/13, luarkota 1:14/15
Honda city VTEC A/T’04: dalkot–> 1:9 (macet parah) – 1:11 normal jakarta, luar kota–> 1:18 (avg speed 110-120km/h malam hari) atau 1:16 siang hari
H. new city idsi matic 2006——-dalam kota: 1:10-11 / luar kota 1:13-14
honda city vtec 2006. dalkot 1:9. luar kota 1:10-12. kondisi berkendara standart. konisi full ori
Honda city Z 2001. Dalkot macet parah ampe brenti2 lama 1:8. Lukot (mudik ke sumatera) 1:14
CIVIC:
Civic VTi, Premium 1:9 – 1:10, Shell Super Extra 1:12 – 1:13, dalem kota, dah ama macet.. tapi kalo macet gila2an (dari Bunderan HI ke semanggi 2jam-an) N pake ac, jadi 1:8.
New Civic 2.0 : 1: 8 ( Dalam kota ) 1: 13 ( Luar kota )
Honda Estilo 95 1600 cc Premium (Cibubur -Thamrin PP), Standard, Dalam Kota 1:11 , Luar Kota 1:17
Honda Genio ’93 AT: 1 : 8
Honda Civic Hi-deluxe 1979, 1500cc, dalam kota 1: 8| macet,lancar,campur aduk|luar kota 1: 12
CIVIC VTi 1.7 tahun 2001 ~ban 19″ + audio(mayan berat soalnya ada box kosmetiknya)
tekanan depan 35, belakang 38 ~2 orang penumpang ~Premium ~dalam kota: 1:8 koma sekian ~luar kota : 1:12-14 ~kombinasi : 1:9-10
honda ferio 96 dalkot 1:10-12 lukot 1:11-13
honda grandcivic93 dalkot 1:10-12 lukot 1:12-14(irit bgt)
Civic FD1 -2008- : – dalam kota: 1:7-1:8 – luar kota: 1:10 mentok
CR-V
Tahun 2006 = dalam kota 1:7 luar kota 1:10 (Premium)
CR-V gen1 thn 2001 a/t 1:8 (dalam kota)
CR-V gen2 thn 2002 m/t 1:8.5 (Dalam kota)
new crv manual 1: 8-10 kombinasi, 1: 12-13 tol
All New CR-V 1:7-9
crv 2007 a/t *dalkot: 1:8-9  *tol: 1:12
CRV 2002 first generation CBU A/T, dalkot 1:9, Luar kota 1:13
Honda crv gen 1 2001. Konsumsi bensin nye dalkot 1:6 – 1:7 (kena macet kadang), kombinasi 1:8 kaki sopan. Lukot belom coba.
CRV 2013 2.4 matic. Menurut MDI sih : Dalkot 1:6,8 rata2. Lukot via Tol max 1:17 ( pake auto cruise ). AC selalu ON , fitur ECON ON. Driving standard cenderung kalem
Crv 2008 matik = dalkot 1 : 7 ; lukot 1 : 10 ; premium
CRV 2.0 2007 (Kaki Kursus) Dalkot 1:9 Luar Kota 1:10
ELYSION
Honda elysion 3.0 V6 1:6 – 1.6,5 dalkot, buat luar kota dengan muatan penuh 1:8 an
HRV
HRV 1500 cc, matik. kombinasi (dalam kota luar kota): 12.5 km/liter. luar kota : 14-15 km/liter. dalam kota: 11 km/liter. mengendari nyantai, tapi kalo di tol skeitar 100-120 km/hr. tidak menggunakan mode S. Bahan bakar: pertamax
FREED
Freed 2009 akhir pemakaian 2010. Kondisi masih 31000 km. BBM Premium. Dalkot 12 km/l gan.
honda freed (pertamax). dalam kota 1:10. luar kota (tol) 1:23
JAZZ:
JAZZ iDSI paling boros 1:15 koma.. rata2 16-17an koma.. paling irit 22 koma.. kondisi real, penumpang rata2 2 orang, Ac on, radio On.. bensin premium, lari rata2 85-90an, oli mobil 1 10w40, tyre pressure 32 psi
Jazz VTEC 2005 1,5L SOHC VTEC 12/16 Valve: Dalam kota : 1 : 12/13 macet lancar semua jadi satu. 1 : 14/15 macet lancar campur tol dalem kota. Luar Kota : 1 : 17-18,5 tol campur jalan biasa pangteng di RPM 1,5-2,5 (x1000). Bahan bakar Pertamax, mesin standart, ban standart ring 15″ lowering kit
Honda Jazz i-Dsi A/T (2007) – Premium Murni – AC – kadang ngebut kadang santai – kombinasi tol + dalkot, macet lampu merah. FC = ~1:12
jazz i-dsi 2006, dalam kota 1:10, luar kota 1:12
jazz vtec manual. 1:12 dalkot
All New Jazz S Matic. 1:10.9 (Dalam kota, full AC)
Jazz idsi 05. Dalkot 1:9
Honda Jazz idsi A/t 06 1:14 ampe 20km
jazz vtec ’08, dalkot 1:12 ugal ugalan ganti gigi d atas 4000rpm 1:9, luarkota 1:14/15 econo drive 2000-2500rpm 1:17/18
H. Jazz RS matic 2008————dalam kota: 1:12-13 / luar kota 1:18-20
Jazz rs 2008 matic = 1:9 dalkot paling tinggi 1:13 kaki kanan mode sekolahan, lukot lom pernah sih..
Jazz GK5 2014 – AT. minum premium. dalam kota : 1:12-13 (acak2an kecepatannya). dalam kota macet super mampus :10-11. luar kota (cipularang): 16 (100km – 120km)
jazz 2006 IDSI matic, dalkot 1:11. lukot 1:13-15
jazz rs ge8matic dalkot1:9-11 lukot 1:11-13
MOBILIO
honda mobilio E mt. dalkot 1:12 – 1:13. lukot 1:16 – 1:18 (baru coba ke bogor). kondisi ac nyala penumpang 3 – 5 orang tekanan ban normal standar pabrik bensin shell super kadang isi v-power. cara mengemudi eco speed 60 – 80 kmh dengan rpm <=3000
Oddyssey:
Odyssey 2.3 thn 2000 a/t 1:8.5 (dalam kota)
odc 2.4 absolute ’04 dalkot 1:8 tol/kombinasi 1:10 (Plus)
odc 2.3 absolute ’03 dalkot 1:6.5 tol/kombinasi 1:8.5 (premium & amburadul mesinnya)
Honda Oddyssey 2001 A/T, Konsumsi BBM 1:7 Penumpang 8 orang, AC Tripel Blower nyala semua, rpm 2000 – 2500
STREAM
stream 1.7 luar kota 1:12
honda stream 1.7 M/T 06 1:10 ampe 1:11km
H. Stream 1.7 Matic 2004 dalam kota: 1:9-10 / luar kota 1:12-13
Honda Stream 2.0 matic (lagi dipake sekarang):  1:7 dalam kota (kebanyakan macet dan merayap). 1:9 luar kota (agak ngebut dan bejek gas)

Konsumsi Bahan Bakar HYUNDAI

ACCENT
Hyundai accent tahun 2000. Dalam kota 1 : 5. Luar kota 1 : 7
Accent 2000 manual = dalkot 1 : 9 ; lukot 1 : 12 ; premium
hyundai accent 2000 standar (ac on, rpm rata2 2500 keatas). dalkot 1:6,5 (isi premium 33 liter. dapat sekitar 250km) jarak tempuh rata2 (medan) perhari 20-30km… rumah ke kantor 30 menit (one way 8km) (termasuk macet) dan sebaliknya. luar kota maybe dapat 1:10
AVEGA
Hyunday Grand Avega 2013 M/T. Oli : hyundai geniue oil. Kondisi standart. BBM : premium. Dalkot normal: 7-9 Liter/100km (1:11-14) dalam kota. Macet (stop and go sampai macet parah) : 10-12L/100km (1:8-10). Kalau ngebut di tol bisa sampai 3,5 – 4L/100km (1:25) gan
grand avega 2012 GL premium 1 : 14an dalkot macet2an di cirebon, pas kosong geber 80++ , mesin std, velg 17.
GETZ
getz 1.3 05 manual, dalkot : 1-9 ful macet-ac nyala (buncit-kuningan-casablanca). lu-kot : 1-12/3 jkt-bgr
Hyundai Getz ’05 Matic dalkot = 1 : 9, Luar kota 1 : 10 – 11 (maticnya belum canggih, jadi sering kickdown kalau nyalip)
dalkot 1:7-10. lukot jkt bdg bisa 1:17 (gapake ac , pake ac paling 1:12)
i20
i20 CRDi = 1:12,| <-pure dalkot, kombinasi jalan tol = 1:13-15, kl pure di tol doank kynya 1:20,| bisa degh, ban 205/55 r16
hyundai i20 ~dalkot 1:13-14 ~luarkot 1:20-21
Trajet
Hyundai Trajet 2003 manual >dalkot= 1 : 7 macet macet ria (metode full to full) >Luar kota = 1: 10 pas mudik kmaren (metode full to full)
Trajet 2000 mt –> dk 1:6,5 lk 1:8,5
hyundai trajet ane 2.0 cvvt thn 09. dalkot 1:6,mentok 1:7 premium kota sby. rute undaan-wiyung. luar kota bisa 1:10. tp ini mbl enk bngt kl luar kota 150kpj anteng,msh bisa dibejek lg gas nya
Tucson
Hyundai Tucson matic ’12 dalkot: 10km/l lukot: 13km/l
hyundai tucson gen 1, 2008, 2.0 a/t –> dk 1:7 lk 1:12

Konsumsi Bahan Bakar ISUZU

PANTHER
Panther LS 2001 dalam kota 1:12 ,luar kota 1:14(surabaya-batu PP). dengan kondisi: 1.tekanan angin depan 35psi,ban belakang 40psi ban BS bison standard. 2.RPM max 2500. 3.Full AC suhu max dengan no 1
panther 2.5. dalam kota 1 : 10-11. luar kota/tol 1 : 12-14
Phanter Ls Turbo 2008. dalkot 1:9-11. lukot 1:14-16
isuzu panther LV 2000. dalkot 1:12. luar kota 1:17
Panther 2300cc, sekitar 1:10-13
Isuzu Panther 2300 cc (tahun 93), Dalkot : 1 : 10-11, Lukot : 1 : 15
Isuzu panther LS’02 ~dalkot–> 1:9 (macet parah) – 1:11 normal jakarta ~luar kota–> 1:13,8 (avg speed: 80-90 km/h malam hari) atau 1:13 (siang hari)
panther pikap 03 velg 16inci,ceperin,ac, audio ~jalan berdua ~bawa santai, bejek ,muacet parah ga pernah lbh boros dr 1:14. ~rata2 1:16an jalan 80kpj ~rekor 1:22 jakarta solo cm abis 118rb.cara bawa normal ~metode full to full
Panther 96. Dalkot 1:10-11, Lukot 1:14.
Panther 2000 manual = dalkot 1 : 14 ; lukot 1 : 16 ; solar
panther ls 2005 manual. dalkot(bandung) paling jelek dapet 1liter : 13 km. metode full2full, eco driving.

Konsumsi Bahan Bakar JEEP

Jeep CJ 7. tahun 1982. 4200cc. luar kota 1 banding 4-5 (80 – 100 km/jam) . Dalam kota 1 banding 2-3. ban 33″, tekanan 31 psi, penumpang berdua ajah, ngga pake AC
Jeep TJ Sahara th 2005, matic, mesin 4000cc. Metode full to full.
Dalam kota jakarta (lancar, karena cuma dipake weekend) 1L Shell Super cuma dapet hampiiir 5km. Kalau macet ngga tau, ngga berani bawa

Konsumsi Bahan Bakar KIA

CARENS
Carens 01 A/T..dalem kota 1:6,5! Tapi nyaman banget nih mobil|
Kia Carens I a/t DOHC 1.8 ~luar kota (pake AC) 1:9 – 9,5 ~luar kota (g pake AC) 1:10 – 11 ~dalem kota (AC) 1:8 ~dalem kota (gak pake AC) 1:8 – 9  ~dalem kota maen betot gas 1:5
CARNIVAL
carnival bensin 2.5 V6 matik. dalam kota 1 : 5-6 < pertamax >. luar kota /tol 1: 8-9
Carnival bensin V6 2500cc, 1:4 – 1:4.5 premium, tarikan loyo + ngelitik, 1:5 – 1:6 bio pertamax, tarikan oke, ga ngelitik.
Carnival bensin ’00 AT ~Dalkot 1:6 premium tanpa ngelitik, tarikan uda lumayan enteng. Tarik2an dikit bisa lah.  ~Sbelumnya 1:4 premium + ngelitik. Ganti filter bensin doang
KIA Carnival Diesel matic tahun 2000. isi Cylinder 3000 CC. Bio Solar, berat kendaraan 2,1 Ton
penumpang 2 D + 2 A. Luar kota = 1: 12 ( lewat pantura ) speed 80 – 120 sering kick down. Rpm 1200 – 2500. Dalkot no tol ( sby – sidoarjo ) = 1: 8. Dalkot ( tol – arteri ) = 1: 9 an. Full AC, ban Standar. pernah ikutan lomba irit, Sby – taman dayu Pasuruan : 1 liter 14 km ( rpm 1000 – 1500 )
SPORTAGE
sportage gen 1 2000 4wd a/t –> dk 1:5 lk 1:7
kia sportage 2012, a/t kerang super. dalkot 1:8, lukot 1:12
PICANTO:
new picanto, rute dalkot Bandung non tol, stabil di 1:11.5 (pertamax,AC), sekarang sedang nyoba nyetir agak nyantai tapi kayaknya paling dapet 1:12 aja deh. Luar kota: bdg-lembang-bdg-bandara soekarnohatta-bdg (via cipularang), dapet 1:17 (100-120kpj,AC).
Picanto 1.1 matic: 1:8.5 dalam kota (kebanyakan macet dan merayap) -> Aneh ya..visto sama atoz matic juga denger2 boros semua tuh..jarang yang irit.. 1:13 luar kota konstan
Kia Picanto ’13 AT. Dalkot 1:10. Lukot non tol belum nyoba. Tol 1:22. Bbm premium
SEDONA:
Sedona matic 1:5-6 dalkot
SPECTRA
kia spectra 2003 1800cc manual. dalkot: 1:8. lukot 1:12. dalkot macet parah& stop go 1:5-6. mesin sehat no ngebul, oli 5w-40, full to full. kaki sopan rpm ga pernah lebih 2000
VISTO:
Visto 2001 (AT) DK = 1:8, LK = 1:10
KIA Visto MATIC 1000 cc. Konsumsi BBM : 1.7 koma. Kecepatan rata2 pemakaian 15 – 20 km/jam dalam kota jakarta (maklum jalan panjang MACET, karena satu2 nya jalan arteri yang menghubungkan jakarta barat – jakarta selatan). Rata2 penumpang : sendiri| mobil gw kosong gak bawa barang berat2. Ban gw cukup optimum karena sering gw periksa secara berkala. Isi bensin : Pertamax or Shell Super (karena kalo pake premium ngelitik)

Konsumsi Bahan Bakar Land Rover

Freelander
land rover freelander gen.1 1.8 petrol m/t awd dk 1:7 lk 1:8,5-9

Konsumsi Bahan Bakar MAZDA

CX-5
mazda cx 5 2500cc 1:13 lukot, 1:12 dalkot gak macet
CX-9
Mazda cx9 3.7 V6 awd 2012 1:5 – 1:6 dalkot * hitung manual full to full, bbm shell v-power
D-Cab
Mazda d.cab BT-50, 2500cc turbo diesel. Dalkot 1:8
E-2000
mazda e2000 mt –> dk 1:5 lk 1:6,5
VANTREND
Mazda Vantrend 94. dalkot 1:8-9.5. lukot 1:12-14
Mazda Vantrend ’95 dalkot = 1 : 7-8 , Luar kota 1 : 9 (gear ratio nya payah ini mobil)

Konsumsi Bahan Bakar MERCEDES BENZ

A140
Mercedes A140 W168 th 2000. spek: mesin 1400cc. berat mobil 1100kg (1.1ton). velg kaleng std 15 ban 205/50 r15 (terlalu lebar jadi bikin boros). tekanan ban 32psi. oli Mobil1 5W 40. FC:
Premium dalkot :1:7 luar kota:– Pertamax: dalkot 1:8 Mix: tol cimahi-pasirkoja+ dalkot bandung 1:9 luar kota Bdg jkt via cipularang: 1:12
230E
mercy boxer 230E A/T. dalkot / macet 1:6,5. tol <= 120 kpj – 1:10. tol > 120 kpj – 1:8
280E
mercy tiger 280E kondisi sehat.. dal kot = 1:5-6, luar kota = 1:6-7
300GE
Mercedes 300GE ’93 dalkot ga pernah ukur. Luar kota 1 : 5 (pake pertamax ga ngefek iritnya, karena bobot kosongnya aja udah 2 ton++)
C180
mercy c180 94 A/T 1:8km ampe 1:11
Mercedes C180 ’94 dalkot = 1 : 8,5-9 , Luar kota 1 : 9 – 10 (tenaga pas2an, tapi kalo macet tetep irit)
C200
mercy c200 ’95 (masih di piara), dalkot 1:5, luarkota 1:7
E200:
mercy e200 ’89, dalkot 1:5, luarkota 1:6/7
Mercedes e200 kompressor 2003. spek: mesin 1800cc + kompressor (supercharger)
berat mobil 1650kg (1.65 ton) velg std 16 ban 225/55 R16 tekanan ban 32psi oli Mobil1 5W 40 Pertamax: dalkot macet 1:7-8 Mix: tol cimahi-pasirkoja+ dalkot bandung 1:8-9 luar kota Bdg jkt via cipularang: 1:10-11 (top speed 190 kph)
E220:
Boxer ’94 3.2. dalem kota-> 1:4 or 5. luar kota -> 1:9 or 10. nenggaknya entry level shell
E230:
Mercedes E230 ’97 dalkot = 1 : 9, Luar kota 1 : 11 – 12 (mobil gambot tapi irit karena manual. Pake premium masih bisa)
Mercedes Benz W210 E230 98 AT. Dalkot 1:7.5. Lukot non tol 1:12 Tol 1:15 Bbm premium
E260
Mercedes Benz W211 E260 02 AT. Dalkot 1:6. Lukot non tol 1:9. Tol 1:13. Bbm shell v-power
S350:
Benz S 350 ’06 dalkot: 1:6.5 tol/kombinasi 1:9 (Plus)
SLK200:
SLK 200 kompressor 1796 cc tahun 2009 ~ban standard 225/50 16″ ~tekanan depan 30, belakang 35 ~2 orang penumpang ~Pertamax ~dalam kota : 1:7-8 ~luar kota : 1:14 ~kombinasi : 1:10-11 ~rekor di toll : 1:6
W124
Mercedez Benz W124 300E, ’91. engine: M103, 3000cc, 6 cylinder inline, Jtronic. 1:5 dalam kota, full AC, Premium.
W245
w245 1700cc kl lancar sering dapet 7,3liter/100km kl macet 15liter/100km

Konsumsi Bahan Bakar MITSUBISHI

ETERNA
Eterna Sohc 1992 manual = dalkot 1 : 6 ; lukot 1 : 9 ; premium
GALANT:
galant st matic 1:7-8 kombinasi.
mitsu galant 99 A/T 1:8km ampe 10km
galant VR-MPi’95. dalkot–> 1:9 (macet parah) – 1:11 normal jakarta. luar kota–> 1:13 (avg speed: 110-120km/h malam hari) atau 1:12 (siang hari)
mitsubishi galant v6 2002 biru hiu. ciputat – blokm non tol ( 1:8 ) kondisi macet jalan pelan, kaki sopan. pernah nge-test ciputat – bekasi ( lewat tol kalimalang ) bisa sampai 1:10, itu pun udah paling irit, perawatan mitsubishi dealer. Lurkot belum tes
GRANDIS:
grandis 1: 7-8 kombinasi
KUDA:
kuda diesel 1:8-9 kombinasi
Kuda diesel, konsumsi solar, bawa 50% bejek abiez sekitar 1:10, sebelum bongkar injektor 1:7. Tekanan ban depan & Belakang: 35 Psi
kuda diesel. dalam kota 1 : 9-10. luar kota/tol 1 : 12-14
mitsu kuda diesel m/t 00 1:11
Mitsubishi Kuda ’00/’01 Diesel M/T Semua standard.  Dalkot: 7,654 km/L
Kuda Diesel GLS’02: dalkot–> 1:9 (macet parah) – 1:11 normal jakarta. luar kota–> 1:14,1 (avg speed: 90-100 km/h malam hari) atau 1:13 (siang hari)
kuda diesel 2500cc. dalkot:1:8. lukot :1:11. dalkot parah 1:6. bio solar full to full, kaki sopan jg gan
MITSUBISHI KUDA 1.6 M/T 2002: Dalkot kombinasi: 5-7 km/l. Luar kota <100 kmh: 9 km/l
Kuda Diesel dalkot 1:10-1:11…lukot 1:13-1:15 (1:15 dlu sya konstan di 60km/jam)
Kuda diesel 2002 manual = dalkot 1 : 8 ; lukot 1 : 12 ; solar
LANCER:
Mitsubishi Lancer GLXi 95 : dalkot 1:8-9, mixed 1:9-11, luar kota 1:12-13, premium
Lancer GTi taon ’95 kalo di pake pada RPM 2000-2500 dalam kota bisa mencapai 1:11. terus klo dpake pada RPM 3000-6000 bisa 1:8. pernah di tes bandung-jakarta lewat cipularang-cikampek menuju ancol kecepatan rata2 100-160 km/jam mencapai 1:15. (pake busi iridium)
Lancer 2002, velg 17″, knalpot udah ganti.. Dalkot 1:6 1:7. LuKot 1:10
share lancer glxi 1998 M/T, dalkot 1:7, Luarkota: 1:11
lancer GTi 96|premium, dalkot 1 : 10, luarkota 1 : 12 -13 ( pake pertamax bisa 1 : 15 )
FC Lancer GLXi 93 (1600cc EFI SOHC). Dalkot : 1:10, Mixed : 1:13 (Salatiga – Semarang), Luarkot : 1:17 (Salatiga – Jakarta, AC low, rpm rendah, avg speed 120kph)
mitsu lancer 1.6 M/T 02 1:11 ampe 15km
2005 Mitsubishi Lancer SE I ~1:12-13 60:40(lukot:dalkot) ~Full AC, Tire Pressure: 32 psi rata ~Shell Super Extra
lancer glx cb2 matic 1:7-9 lukot 1:10-12
Lancer 2004 manual = dalkot 1 : 7 ; lukot 1 : 10 ; premium
Lancer 1999 manual = dalkot 1 : 7 ; lukot 1 : 11 ; premium
lancer dangan SOHC 90 1500cc mesin standar. dalkot (kdg2 kena macet, full ac) fc 1: 7-9. lukot (bdg jkt, full ac) fc 1: 10-12
Magna
mitsubishi magna SE 2.6L ’89 station wagon, 1:10. tekanan ke-4 ban 35 psi.
MIRAGE
Mitsubishi Mirage 2014 Exceed CVT Spek Standar, Tekanan Angin 34 ( Standar Pabrik ), Penumpang 1 + 1 Sopir. Premium Dalkot : 1 : 11km / l Luarkot : 1 : 21 km / l Campur : 1 : 13 km / l. Shell Super: Dalkot : 1 :13 km / l. Luarkot : 1 :24 km / l. Campur : 1 : 16 km / l
mirage AT 1200cc. Dalkot jogja tidak ada tol 1: 11  Lukot santai lancar 1: 20 , kalo kaki gak sekolah pernah dapet 1:14 , pernah lukot dapet 1:40 di MID tapi tanpa AC , jalan max kec 40km/jam ( bensin mau habis di tengah hutan )
PAJERO
Mitsubishi Pajero Gen 2 1996. 3000 cc V6 ECI Multi, Manual Transmision, 2 WD On, Tangki 100 Liter. Premium : Dalkot : 1 : 8 Km / l Luarkot : 1 : 12 Km / l Campur : 1 : 9 Km / l
Mitsubishi Pajero Sport Exceed ’12 AT. Dalkot 1:7. Lukot non tol 1:10. Tol 1:12. Bbm solar

Konsumsi Bahan Bakar NISSAN

(GRAND) LIVINA:
Nissan Livina 1.8 bensin berkisar 1:8 sampe 1:10 Kondisi standar pake AC.
Grand Livina 1.5 XV MT: bensin kisaran 1:12 – 1:14. paling irit 1:17 (jakarta – bandung)
Nissan GL 1.5XV A.T. dalkot 1 : 12. Luar kota 1 : 15
Livina XR. dalkot: 12.4 km/l. Kombinasi: 15 km/l. Itu pake pertamax, kalau premium kurangi aja 0.5 km/l
nisssan Grand Livina 1.5 A/T dalkot bs 1:13 an nah klo luar kota bs 1:16-17 plg boros luar kota 1:15
grand livina ane 1.5 A/T 2009 kena 1:8 dalam kota AC + penumpang 2 – 5 orang, minumnya shell super ..klo luar kota bisa kena 1:1
livina ult 1.8 07 1:9
GRAND LIVINA 1.5 A/T 2011/ Dalkot Kombinasi Isi Premium: 8-9 km/l. Luar Kota >100kmh isi Premi+Vpower: 11-13 km/l
nissan GL 1.5 m/t 2010 premium. dalkot 1:12 lukot 1:18-20
ane pakai grand livina 1.5 A/T 2012 dalkot : 10. luar kota : 12
Nissan Grand Livina 1.5 M/T type SV th.2012. Dalam Kota 1 : 9-10 (Kondisi macet, ac ON terus, dan kadang suka dinyalain buat ngadem di dalem) Luar Kota 1 : 13-14 (Tes pp tangerang – puncak dan pp tangerang – bandung, tol dan lumayan lancar sisanya) *Bensin yang dipake : FULL MURNI PREMIUM
Grand livina 2012 1.5L. Dalkot solo 1:12 Luar kota 1:16
Nissan Livina X-Gear 1.5 M/T, dalkot 1:12, lukot 1:15-16
LATIO
Nissan Latio 1.8 A/T, dalkot 1:7, lukot 1:10
MARCH
march mt 2011. rute sawangan (depok) – bandung PP trmsk muter2x di bandung. isi 3org dewasa + 1 anak. udah kena macet di bdg muter2x itb, gdg sate, gatsu, braga, pasar baru. isi kerang super 200rb wkt brkt (hrg 8400/ltr), posisi awal tinggal 1 strip, nyampe rmh lg msh ada 3 strip. jarak 362.3km, mid 21.3km/lt. berarti cm hbs 17 liter, pake kerang super x rp8400 brt cm hbs 142rb
March at 2012, 39000 km luar kota muatan 3 orang kebut tapi santai tanpa sering kick down 1:15. luar kota santai rpm maksimal 3000 1:17. luar kota kebut ugal-ugalan sering kickdown + kalo ada yg ngelawan sikattt 1:10-11
Nissan march manual 2011. Dalkot = 1 : 11 (macet parah, premium/super/pertamax/v power ga ngaruh). Dalkot = 1: 14 ~ 15 (sabtu minggu, kombinasi macet lancar). Lukot Jkt – Sby = – 1 : 21.8 (premium, lalin lancar) – 1 : 22 (shell super, lalin lancar) – 1 : 18 (cmpr pertamax-prmium, lalin macet total crb-jkt) – 1 : 20.5 (premium-shell super, lalin lancar, diajak naik gunung lwt wonosobo)
nissan march 1.2 mt 2012. dalkot macet bgt bgt 1:11. dalkot macet biasa 1:12 san. lukot 1:17
SENTRA
nissan sentra genesis tahun 91. macet banget = 1:7, kombinasi nyantai = 1:8, luar kota lancar = 1:14
SERENA
Nissan Serena 2.0 HWS C24, dalkot 1:6-7, lukot 1:10
Nissan Serena 2.0 HWS C26, dalkot 1:7-8, lukot 1:11-12
Serena CT th 2009 dalkot 1:5-6 lurkot 1:8-9
Terrano:
Teranno 2.4 thn 2000 m/t 1:6
terrano spirit 2002, dalkot 1:8, lukot 1:10
nissan terrano spirit 2002, premium 1:6 dalkot, 1:9 lukot
Terrano 2003 Spirit dalkot 1:7  lukot 1:10
X-TRAIL
x-trail ST ’04 dalkot 1:8 – 1:9 tol/kombinasi 1:10
xtrail 1:12,7 premium luar kota
New Xtrail 2.5 XT :1 : 7 ( Dalam kota ) 1: 10 ( Luar kota )
X-Trail 2008 A/T. dalkot 1:6, lurkot 1:10, eco drive 1:13, kombinasi 1:8. standard. Shell Super. se-Innova kan?
ekstril T30FL 2500 matic 2008, ban standar eco, 30 rata, shell super. dalkot sial2nya 1:5 dalkot normal 1:7, lurkot 1:11, kombi 1:9
Nissan X-trail 2.0 CVT T31, dalkot 1:9, lukot 1:14
Xtrail 2003 2.5. Dalkot 1:8. Lukot : 1:11-12. Premium

Konsumsi Bahan Bakar OPEL

BLAZER:
Blazer 2000 DOHC. Dalkot : 1:7. Lukot : 1:8 sto 9 max. Semua standard|Ac nyala
blazer : 1:12 (1 liter 12 rumah :D)
Blazer Montera SOHC. Dalam kota 1:6.7,  Luar kota 1:9 / 1:10an

Konsumsi Bahan Bakar PEUGEOT

206
peugeot 206 2002 manual. dalem kota 1:9. Luar kota 1: 15 (bensin pertamax)
Pug 206 2004 Manual Minum Pertamax. Dalkot (Macet abis) 1:7-8. Luarkota (110 Km/jam) 1:15
Peugeot 206, 1400cc, MT, 2001, Pertamax. DK: 1:9-1:10. LK: 1:15-1:19
Peugeot 206’2003, luar kota 1: 16 digeber 110-130 kpj terus. pake pertamax
pug 206 M/T ~dalkot 1:10 tanpa ac  (pas ac rusak) ~dalkot kalo pake ac 1:9 ~luar kota 1:13,5
Peugeot 206 1.4 M/T sporty th.2001 akhir. Dalam Kota 1 : 7,5-9 (Kondisi macet, ac ON terus, dan kadang suka dinyalain buat ngadem di dalem). Luar Kota 1 : 12-13 (Tes pp tangerang – puncak, tol dan lancar sisanya) *Bensin yang dipake : “PREMIUM FULL TANK (50 ltr) + 1 Botol Octane Booster Preston” atau “FULL PERTAMAX”
306
Peugeot 306 ’96 dalem kota 1:7, luar kota bisa 1: 10-11. pake premium
307
pug 307 1.6 at dk 1:8 lk 1:13 pertamax only
405
Peugeot 405 SRi 91 2000cc Pertamax (Bintaro – Thamrin PP). Bagasi full audio, Dalam Kota 1:6, Luar Kota 1: 8
Peugeot 405 Le Mans, dalam kota (Surabaya) 1:7-7,5. Luar kota bisa 1:10-12 pake Premium.
505
peugeot 505 th 85 2000cc. dalkot (full ac) fc 1: 5-6

Konsumsi Bahan Bakar PROTON

Exora
proton exora manual 2000 cc, 9,6KM/L. Kondisi 70 % lancar , 30 % macet, Premium

Konsumsi Bahan Bakar RENAULT

SCENIC
R. scenic 1:16 dal kot. 1:22 war kot
Scania
scania 12000cc bbmnya 1:4 kalo bisa bawanya 1:6
nih boil gigi persnelingnya ada 14 (low 7speed, high 7speed)

Konsumsi Bahan Bakar SUZUKI

AERIO
aerio matic 2008 : dalam kota/macet 1:9, luar kota 1:12
Aerio, ngukur sendiri : jakarta-bandung (nanjak) : 13,6 Km/Liter Premium
APV:
suzuki APV 2007|gw bawa dari jakarta ke bandung, kondisi diisi 7 orang, pake AC sepanjang perjalanan, jalan lancar, BBM premium| cuma tembus 1:10. Dalkot: 1:8 dalkot| 1:7
APV GX 2006 ber 5, surabaya bojonegoro cuma dapet 1:8.5
APV’X ’07 V’18 Lowenhard, ac always on,full audio , premium. Dk 1;9.5 isi 2 orang sm bini. Lk 1:12 isi 6 orang jkt-bdg tol cplarang , speed 100kpj-130kpj
BALENO:
Neo Baleno (SX4 Sedan): 1:10.5 (rute stop & go plus macet plus geber di tol tapi ga sampe mesin menjerit. 120km/h konstan : 1:14-16an (lihat dari MID)
suzuki baleno 97. dalkot = 1:9-10. luarkota = 1:14-15.
Baleno Next-G 1500cc 1:9 premium
baleno matic 2001, 1:7 (dalkot jogja) , 1:5 (dalkot jakarta), 1:11 (lukot jkt-jgja), BBM premium
S.Baleno Manual 2001————-dalam kota: 1:9-10 / luar kota 1:13-14
Carry
carry 1.5 ’99, dalkot 1:9, luarkota 1:12
Carry 1.0, 90: dalkot 1:13/14, luarkota 1:15/16
carry GRV1.5 m/t 2002 premium. dalkot 1:11 lukot 1:15
ERTIGA
Ertiga AT 2015, Dalkot 1:12.. Luar Kota belum coba
Ertiga 2014 awal , premium 1 : 15-17 , manual lurkot
Suzuki Ertiga GL 1.4 M/T 2014 double Blower Silver . Rute : pp Cimanggis, Depok – Narogong, Cileungsi. MID berkata : 1:17.5
ESCUDO:
Escudo 1.6 thn 1995 m/t 1:8
Escudo 1.6 2003 dalkot 1:10 rpm 2000-3000
Escudo XL7 (2500cc V6 AT) cuma dapet 1:6, mentok 1:8 lukot
superzuki Grand Escudo XL7 A/T 2003 ~dalam kota 1:5.5 lt/km ~luar kota 1:7 lt/km ~BBM: RON 92 (pertamax / shell super)
KARIMUN
karimun manual 2003 , 1:7 (dalkot jakarta), bbm premium
karimun th.2000. dalkot = 1 : 10,5. lu.kot = 1 : 13,5. sudah ganti exhaust set, pake premium
karimun wagon r 2013, 998cc 3 cyldr m/t –> dk 1:16 lk 1:21
Karimun Wagon R 1 ltr : 16-17 km (kombinasi), Luar Kota: 1 ltr : 22-23 km,
KATANA / JIMNY
katana gx std 1:11 (dalkot)
katana gx ban 30 inch,FG low,tekanan ban 20psi dapetnya 1:8(dalkot)
jimny mesin 5K ,ban 31 inch,dalkot 1:7
katana 93 gx, dalkot 1:13/14, luarkota 1:15/16
Katana 2002 manual = dalkot 1 : 10 ; lukot 1 : 12 ; premium
SIDEKICK
sidekick 95. STD cm ganti ban 235/70/15 aja aslinya 195/70/15. BBM premium aj. rute dalam kota 1:7
suzuki sidekick 97. dalkot = 1 : 6. luarkota = 1 : 7
SWIFT
Swift ST’08 manual. Dalam kot : 1/9. Luar : 1/11. premium
swift. dalkot paling bagus dapet 1:12. ngebut2 masih 1:10
Swift 2007 GL A/T Dalkot 1:8.9 teburuk dalkot 1:7… Pertamax, AC on… gaya berkendara standar. kalo luar kota belum tau gaan
Swift matic ’08 dalkot: 12km/l lukot: 15km/l
Swift gx matic ’13 dalkot: 9km/l lukot: 13km/l
Suzuki all new swift matic GX 2013 akhir. Dalam Kota Jakarta barat 1: 11.3. Shell super
Kondisi standar abis. Oli pabrik suzuki. Penumpang 1
Swift 2006 matik = dalkot 1 : 9 ; lukot 1 : 12 ; premium
BBM All New Swift GX MT 2014 pakek Premium Dalkot 1:12 (Macet) – 1:18. Kondisi cupu blom modif.
Suzuki Swift ST M/T 2010 (M15A) FC dalkot (pemakaian sehari-hari rute Ciputat-Senayan): 1:9,6
SX4
sx-4 dalkot 1:10,5 – 1:11, luar kota 1:14
Suzuki SX4. 1:10 dalem kota. 1:10 TOL full bejek2
Dalkot : 1/9,5-10km (premium). luar kota : 1/13km (premium). hasil dari hitung manual bkn dr MID..
Suzuki SX-4 1.5 matic: 1:10 dalam kota (kebanyakan macet dan merayap), 1:13 luar kota (sedeng lah..ga bejek2 amat)
SX 4 tahun 2008 yang jadi mobil perang sehari hari 1:11 (dalam kota). Minumnya Pertamax, tekanan ban normal (33-35), AC+ Audio On. Kalo pas mudik ke Jawa sekitar 1:14,7 di MID. Kalo dihitung full to full sekitar 1:16. Nyetir kadang2 santai kadang2 ngebut buat nyalip konvoy truk overload di Pantura Jawa Timur.  Kondisi mobil full penumpang 5 dan full barang di bagasi plus tray di bagasi.
VITARA:
Grand vitara : dalam kota 1 : 7. luar kota 1 : 10. kl geber pake A/T power manteppp 1 : 5
Grand Vitara 2007 matic:  1:8,1. penumpang 2 orang..velg std, bbm premium. Kalau pakai Velg 22″ dapetnya cm 1:7
grand vitara matic 2007, dalam kota 1:9-10, luar kota 1:10 (gas pol), bbm: pertamax
vitara epi 1995, dalam kota 1:9-10, seringan 9.3 (bekasi-kemanggisan), luar kota 1:11 (gas pol), bbm: premium

Konsumsi Bahan Bakar TOYOTA

AVANZA:
Dalam Kota 1:9.5, Luar Kota 1:12. avanza 1.3 tahunn 2005 belum vvti (BBM premium)
Avanza G ’07. 1:9 = dalkot. 1:15 = Tol
Avanza 1.5S manual. Dalkot = 1:9.5/10 (non AC & AC) -. Pertamax. Sekarang: Dalkot = 1:10.5/11.5 (AC) -. Premium + EP + MAgic Jet
Avanza 1.3 blum vvti. dalkot: 1:8-9
Avanza 1.5S M/T VVTi 2007 (mobil dinas), ban standar isi bensin paksa premium: Dalkot : 1:15 ( kata brosur ) -> fakta 1:8. Lukot : 1:20 ( kata brosur ) -> fakta 1:11. Penumpang anak dan bini, gaya nyetir biasa2 aja dan full ac.
Avanza 1.5G Manual vvti 2008. Standard aja| Minumnya premium plus pil griffone (lupa spell nya gimana| . Pemakaian Dalam Kota aja|. Cinere – Kebun Jeruk. 1 : 10
Avanza E VVTi 2008 dalam kota, 1:10 luar kota, 1:13-14
avanza 1.5 2008, dalkot 1:10, luarkota 1:11, paek shell 92
Toyota avanza 1.5 MT 09 1:12 ampe 13km
Toyota avanza 1.5 A/t 08 1:12 ampe 14km
avanza 1.3 g ’10, dalkot 1:11 kalo dobel blower d idupin skitar 1:9/10, luarkota 1:13 econo drive 1:15
CAMRY:
Camry V6 1:6 dalam kota, 1:10 luar kota
Camry 3.0 1: 6-8 kombinasi
camry 2.4V A/T dalkot 1:7.5, lukot 1:11, super econo drive 1:13, pertamax atau super
camry 3.0 matic taon 2004, dalkot 1:6, lukot 1:8-9
Camry tipeG 2004 facelift (2400cc MT) bisa dapet 1:13 lukot / 1:9 dakot (baca dari MID).
camry ’07, 2.4V kombinasi 1:11,9
COROLLA:
Great Corolla 95, AC FULL, DalKot = 1 : 10, LuarKota = 1 : 12 (speed 60-100Km)
All new corolla th 2000 -> 1: 11 dalkot, 1:14 lukot
Corolla all new 1.6 1997. Kondisi mobil standar, bensin premium, isi kabin 4 orang, AC nyala terus. Bogor-bandung (lewat puncak): 1:14,5. Bogor-bandung (lewat cipularang) : 1:15. Dalam kota (bogor doank) = 1:10 kalo pake pertamax pernah tembus 1:11 dalkot.
new corolla 1.8. dalkot 1:8,5
Great corolla 94 Manual. Dalkot = 1:9 (max). Lukot = 1:15 (speed 80-100 kpj)
altis 2001, m/t, dalkot + tol (ngebut), 1:11an| premium..
all new 1.8, m/t, dalkot, 1:9-10 saja
toyota great corolla ’93, dalam kota= 1:7 (premium)
Corolla Altis VVTI 2005 Matic. Luar kota 1 : 12.6 (Pertamax)
Toyota Great Corolla ’93 standar..Pake oli PrimaXP + bensin Premium cuma dapet 1:7 dalkot ngelitik pula, Begitu pake oli Fastron + bensin Premium langsung naek 1:9 dalkot + tarikan enteng banget.
Corolla twin cam 1.3 manual: 1:7.5 dalam kota (kebanyakan macet dan merayap) 1:9 luar kota
Toyota Altis 2007: 1:17 (rute kombinasi, pertamax)
CORONA:
Corona Absolute yg 1600 cc. Dalkot macet banget 1:8. Dalkot kombinasi macet, lancar 1:10 – 1:11. Luar Kota 1:13 – 1:14
corona absolute 2000, dal-kot= 1:9-10, luar kota= 1:13|.
Corona Absolute 2000 cc tahun 1994. BBM Premium dalam kota 1:6/7. luar kota 1:9/10. BBM Pertamax / Shell: dalam kota 1:8/9. luar kota 1:11/12
Fortuner
Fortuner Diesel A/T 2010. dalkot: 1:10-1:11 liter/km (bandung loh yah). jalan tol 1:14-1:14,5 liter/km
HARRIER:
harrier 2.4 dalkot 1:7.5 – 1:8 tol/kombinasi 1:9 (Plus)
IST
Toyota ist 1.5 std cm ada audionya (mayan berat), penumpang 2 orang, pertamax plus, dapetnya sekitar 1:10|dalkot..
KIJANG:
Kijang Krista 1.8 m/t 1:7 (Dalam Kota)
Kijang Krista 2.0 m/t 1:6 (Dalam Kota)
Kijang Super 1992 NON AC Dalkot 1:7, Lukot 1:8-1:9
Innova 2007, G AT: stabil 1:6-8.. mo pelan mo kenceng..
Innova bensin manual 1:7 kombinasi, 1: 10-11 tol
Innova Diesel manual 1:10-11 kombinasi, 1: 15-16 tol
Kijang th 94 grand 1.5 PS, AC, Audio, Full peredam aspal (abis 30 lbr), velg 15 ban 206/65 (klo ga salah, lupa) dalkot campur 1:10, macet ga lwt toll 1:8 Lukot ke semarang 1:12 (penumpang penuh 8 org, bawaan segudang) kecepatan 90-100 km/h. Lukot ke gunung (tanjakan curam) 1:10-11
innova bensin A/T ’05 dalkot 1:6.5 tol/kombinasi 1:8
innova g matic 2005 bensin, dalam kota 1:5.5, luar kota 1:6.5
kijang LSX kapsul diesel 2.446cc thn 1997 seri mesina 2L kilometer udah 250.000, belum pernah kalibrasi N bongkar injektor. Dalkot bandung AC on, Audio on alhamdulilah masih 1:10. Lukot bandung-cianjur 1:16
kijang lgx manual 1.8. dalkot : 1 : 6-7. lukot : 1 : 9-10
innova 2008. dalkot 1:8-9. luar kota 1: 12-14
kijang diesel lgx ’00 (2L). dalkot: 1:10. lukot: 1:16-18
Toyota innova 2.0 A/T 08 1:8 ampe 9,8km
Kijang LGX Thn 2000 Diesel. Dalkot:1:12.1, lukot: 1:13,8
kijang grand extra 1.8 ’94, dalkot 1:7, luar kota 1:8/9
kijang disel 2.5 97, dalkot 1:12, luar kota 1:14/15
Innova Diesel A/T 2010 RPM 2000-4000 Kondisi Standart, Penumpang 2-3 Orang, Dalam Kota 1: 9,5 Km ( Jakarta – Depok), Luar Kota 1 : 11 Km (Jakarta – Bandung)
innova 2006 bensin M/T premium 1:8
Kijang super 91 (AC off), dalam kota Bandung 1:9 , luar kota 1:12. note: – BBM Premium – cara hitung full to full
PRIUS
Toyota prius, dalkot 1 : 19 luarkota 1 : 35 ( dari puncak ke jakarta)
RUSH:
Toyota Rush tahun 2007. Dalam kota 1 : 8. Luar kota 1 : 11
SOLUNA:
Toyota Soluna Xli 2001 sbb: Konsumsi BBM (Premium). Dalkot : 1:10 KM. Lukot : 1:12 KM. Kalo pake obat kuat or pertamax jadi nambah 2 kilo baik Dalkot ato Lukot. Kondisi Audio Standard cuma velg aja yang gak pake ring 15 nya swift
soluna matic GLI ’00. dalam kota: 1:9,5. ke bandung 1:15
Toyota soluna m/t 00 1:13 ampe 1:15
STARLET:
Toyota Starlet dalkot 1:10 lukot 1:14 full ac dan full penumpang anak bini.
VIOS:
Tahun 2006: dalam kota 1:14, luar kota 1:22, minum shell 95
Vios (baru seminggu): 1:11-12 dalkot
New Vios G M/T. Dalam kota (Bdg) 1:15. Luar kota (Tol Bdg-Jkt) 1:23
vios 2005, dalam kota 1:13-15, luar kota 1:18 (gas pol), bbm: pertamax
Vios 2003 bensin shell super, dalkot 1:13/14
vios 2003 M/T pertamax 1:15.
WISH:
wish 1.8 A/T 2003, dalkot: 1:9.5, lukot: 1:13.5, super econo drive: 1:17, pertamax jg
YARIS:
toyota yaris : dalam kota 1:10 – 1:13, luar kota 1:17 – 1:18. rekomen sih pertamax|.. pake premium brebet|. ngga ada larinya|. lagian standar oktan untuk mobil2 vvti sekarang harus 90||. premium cmn 88 oktannya|
yaris at dalkot 1:8. rute rumah-kantor pp 3 km, tidak macet, full ac. ngisi bensin sebulan sekali pertamax
yaris manual kombinasi, 1:11 km. Metode perhitungan full tank, trus jalan beberapa kilometer, lalu full tank lagi, jumlah KM dibagi selisih full tank tersebut, sekian..
Toyota Yaris E 2008, FC = 1:11 (dalam kota), 1:14 (luar kota), 1:10 (kondisi macet biasa), 1:9 (kondisi macet luar biasa)
yaris E A/T 2009, dalkot: 1:11, lukot: 1:16, super econo drive di tol : 1:21, minuman: pertamax
yaris 2008 A/T pertamax 1:16

Konsumsi Bahan Bakar VOLKSWAGEN (VW)

Beetle (VW Kodok):
VW kodok 1303 76, mesin std 1300 CDI, pake AC: dalam kota kira2 1 lt : 8-9 km. luar kota kira2 1 lt : 15 km (kira2 aja, dari jogja-purwokerto, kecepatan konstan 60-70kph, cuma habis 50ribu)
vw 1303 74. FC: 1:12, ga pake radiator, ga pake ac
Golf
Golf GTI MkV 2009 dalkot 1:9 luar kota 1:10 (konstan 160km/h) 1:14 (konstan 110 km/h)
SCIROCO
Vw scirocco R. Dalkot kebanyakan macet 1:4. Kombinasi 1:6 – 7an. Tol :10-13 (santai campur kadang lari 160-200). Ron always 95. Vpower lebih irit dikit, pertamax plus lebih bertenaga.

Konsumsi Bahan Bakar VOLVO

740
Volvo 740, velg R16, premium. dalkot 1:5-6 Lukot 1:10, Tol 1:9
Volvo 740 GLE thn 91 (karbu). Dalkot 1:5.5. Rute : Kalimalang – Gatsu -SCBD- Gatsu- Kalimalang. (PP 40km, AC nyala) Luar kota 1:6.5 (JKT-BDG)
Cara menghemat bbm yang saya lakukan adalah dengan menggunakan Grand Akashu yang memiliki cara kerja memecah kadar timbal di dalam bahan bakar, sehingga kadar octane menjadi meningkat dan membantu dalam membuang kerak-kerak di dalam ruang pembakaran mesin.
Alhasil pada uji coba beberapa waktu lalu perjalanan menggunakan Xenia Matic Th 2011 dari Bandung Ke Jakarta tidak habis 1 stripmulai dari pintu Tol Buah Batu hingga keluar Tol Cawang kecepatan tergantung kondisi lalulintas saat di jalan, kadang lambat kadang pula kecepatan diatas 120Km/jam.

0 Response to "konsumsi BBM mobil di Indonesia"

Posting Komentar