KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAZDA CX-7

Sebelum mereview mobil ini secara mendetail, mari kita berbicara sejarah Mazda. Pada awalnya, Mazda merupakan sebuah brand mobil asal Korea yang memproduksi mobil sport SUV di bawah naungan sayap pabrikan Ford hingga tahun 2006.Namun akhirnya pada tahun 2007 dunia otomotif dikejutkan ketika Mazda memproduksi mobilnya yang asli tanpa sentuhan Ford, yaitu Mazda CX-7. 

Nama CX-7 dengan "C" yang menunjukkan Crossover dan merupakan keluarga SUV softroader hadir bersama dua saudaranya yang ukurannya berbeda yaitu CX-5 dan CX-9. CX-5 hadir dengan ukuran yang lebih kecil sedangkan CX-9 hadir dengan ukuran yang lebih besar. Mazda CX-7 ini sendiri merupakan yang dijejerkan sebagai produk tengah di antara kedua mobil yang disebutkan di atas. 

Eksterior Mazda CX-7
Mazda CX-7 adalah SUV yang sangat atraktif jika dilihat dari luar. Jauh dari kesan bapak-bapak. Kaca depannya memiliki sudut kemiringan 66 derajat. Sedangkan bonnet dan fender depannya terinspirasi dari RX-8. Mobil ini seakan lebih ditujukan sebagai mobil sport dibandingkan SUV biasa.
Garis karakter khas Mazda dengan grill depan lima titik yang menyapu dari depan pilar A, sementara dibagian atas roda dikombinasikan dengan garis lembut dengan bantuan beltline yang menonjolkan seperti mobil sport. Gagang pintu model chome menambah nuansa mewahnya, ditambah lagi dengan knalpot ganda tailpipes yang membedakannya dari SUV  biasa. Sedangkan velg yang digunakan berukuran 18 inci. Mengenai bagian belakang, memang terlihat polos dan seakan tidak sesuai dengan desain atraktifnya.

Interior Mazda CX-7
Mazda dikenal untuk sebagai produsen interior berkualitas tinggi, tanpa terkecuali untuk mobil yang satu ini. Campuran plastik hitam bertekstur dan chrome mengelilingi instrumen cluster dan konsol tengah, sedangkan opsional beige di kursi menciptakan kontras yang mencolok. Dashboard yang luas memiliki lipatan yang sejajar dengan dasar kaca depan, di bawahnya terdapat tampilan orange menyala untuk readouts audio. Setir yang digunakan berupa 3 spoke dipinjam dari MX-5 roadster. Namun ruang penumpang tidak terlalu mengesankan, karena legroom yang kecil dan kabinnya kurang luas.

Mesin Mazda CX-7
Mazda CX-7 yang dipasarkan di Indonesia hanya diusung menggunakan mesin berkapasitas 2,3 liter 4 silinder dan 16 katup. Sebagai tambahan untuk membantu performa mesin, telah dibenamkan single turbocharger yang minim turbolag. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan yaitu 172 HP pada putaran mesin 5.000 RPM. Sedangkan torsi puncak yang mampu dihasilkan oleh mesin yaitu sebesar 350 Nm pada 2.500 RPM. Performa mesin ini bisa dikatakan sebagai prestasi bagi Mazda karena karena dengan torsi yang besar maka dengan sedikit menyentuh pedal gas maka mobil langsung melaju, sehingga konsumsi BBM dapat diminimalisir ketika mobil digunakan di dalam kota yang rawan macet.

Handling Mazda CX-7
Jika Anda membutuhkan mobil SUV dengan handling yang mirip mobil sport, Mazda CX-7 adalah jawabannya. Sistem kemudi yang tidak terlalu kaku akan membantu Anda ketika bermanuver, plus osisi pengemudi mirip dengan sedan. Dengan ini, kesan fun to drive akan Anda dapatkan secara optimal. Namun yang harus Anda ingat, jangan pernah mencoba menyalip bus di depan Anda dalam kecepatan rendah dengan menggunakan posisi transmisi D, karena transmisinya kurang responsif. Walaupun secara keseluruhan hampir mirip dengan mobil sport, disinilah yang letak perbedaannya.

Spesifikasi Mazda CX-7
  • Tahun Penjualan : 2007 - 2012.
  • Mesin : 2.3 liter Direct Injection Spark Ignition (DISI) 4 silinder segaris, 16 katup DOHC Turbocharger.
  • Tenaga maksimum : 172 HP @5.000 RPM.
  • Torsi puncak : 350 Nm @2.500 RPM.
  • Bore x Stroke : 87.5 x 94.0 mm
  • Konsumsi bahan bakar : 7-9km / L (dalam kota), 8-10km / L (tol) (* perkiraan dan bervariasi)
  • Transmisi: 5-speed otomatis.
  • Suspensi : depan McPherson strut independen, belakang independen multi-link.
  • Kapasitas Tangki : 69 liter.
  • Sistem Kemudi : Rack And Pinion
  • Rival : Chevrolet Captiva, Ford Escape, Honda CR-V, Hyundai Tucson, Kia All New Sportage, Mitsubishi Outlander Sport, Nissan X-Trail, Subaru Forester, Suzuki Grand Vitara, dan Toyota RAV4.

Harga   Mazda CX-7
Dengan membaca review di atas, Topgir rasa Anda sangat antusias untuk segera meminang mobil ini. Kapan lagi Anda dapat memiliki SUV citarasa mobil sport plus kesan fun to drive nya yang maksimal dengan budget yang rendah? Untuk harga, Mazda CX-7 bekas tahun 2007 dijual dengan harga 210 Jutaan, untuk tahun 2008 sekitar 230 Jutaan. Untuk tahun-tahun berikutnya harga yang ditawarkan berbeda di rentang variasi antara 30 - 40 Jutaan tiap tingkatan tahunnya sesuai dengan kelengkapan asesoris yang dihadirkan.

Kelebihan Mazda CX-7
  • Tenaga lumayan.
  • Torsi besar.
  • Suspensi empuk.
  • Adanya cruise control.
  • Fitur melimpah.
  • Kabin senyap.
  • Kualitas audio sempurna.
  • Handling seperti sedan.
Kekurangan Mazda CX-7 
  • Kabin sempit.
  • Legroom kecil.
  • Transmisi kurang responsif.
  • Relatif boros.
  • Bangku otomatis hanya untuk pengemudi.

0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAZDA CX-7"

Posting Komentar