KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HONDA JAZZ GD3 I-DSI & VTEC

Pada tahun 2003 - 2004, pangsa mobil hatchback di Indonesia memang lesu, tidak ada sosok pabrikan besar yang masuk ke kelas ini kecuali Chevrolet Aveo, Peugeot 206 dan Suzuki Aerio. Namun melihat peluang yang cukup besar untuk merajai kelas ini, akhirnya ATPM Honda menghadirkan hatchback mid-sizenya andalannya yaitu Honda Jazz GD3 di Indonesia pertama kali dengan cara di import secara utuh (CBU) dari Thailand.

Daya tarik masyarakat akan kehadiran mobil ini cukup bagus, ini dikarenakan mobil yang memiliki desain kompak ini membenamkan fitur yang cukup maju pada eranya. Ada dua varian yang dihadirkan dengan pilihan mesin i-DSI yang irit BBM dan juga VTEC yang memiliki performa tinggi. Masing-masing telah didukung dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dari segi eksterior, mobil ini sangat kental akan sensasi sporty, mulai dari bumper depan, grill hingga lampu utama yang meruncing ke bawah. Pada bagian interior, Anda akan disuguhkan dengan fitur yang melimpah, antara lain cup holder, kursi belakang dengan ultra seat untuk memperluas kapasitas bagasi sehingga Anda menjadi menempatkan barang bawaan yang banyak. Untuk masalah handling dan performa, Anda dapat membaca selengkapnya di Perbedaan antara Honda Jazz GD3 Tipe VTEC dan i-DSI.

Pada Agustus 2006, mobil ini mendapatkan jatah facelift dengan adanya penambahan varian transmisi otomatis CVT(Continuously Variable Transmission) yang memiliki kelebihan pada perpindahan gigi tanpa hentakan sama sekali. Perubahan kecil lainnya yaitu berupa desain dengan lekukan baru pada bumper dan belakang, velg yang lebih sporty serta lampu utama dengan mika berwarna hitam. Selain itu, fitur keselamatan seperti dual airbag, ABS, EBD, dan BA juga turut hadir pada varian ini.

Spesifikasi  Honda Jazz GD3 i-DSI

  • Kode mesin L15A, 1,5 liter 4 silinder segaris 8 katup SOHC i-DSI.
  • Bore x Stroke 73.0 x 89.4 mm.
  • Rasio kompresi 10.4:1.
  • Output daya maksimum 87 HP @5.500 RPM.
  • Torsi puncak 128 Nm @2.700 RPM.
  • Rem depan cakram dan belakang tipe drum (tromol).
  • Fitur Radio/Tape/CD/MP3 dengan Head Unit Double DIN (CBU), tilt steering, PW, PS, CL, ultra seat, Electric Mirror.

Spesifikasi  Honda Jazz GD3 VTEC
  • Kode mesin L15A, 1,5 liter 4 silinder segaris 16 katup SOHC VTEC.
  • Bore x Stroke 73.0 × 89.4 mm
  • Rasio kompresi 10.1:1
  • Output daya maksimum 110 HP @5.800 RPM.
  • Torsi puncak 143 Nm @4.800 RPM.
  • Rem cakram pada semua roda.
  • Fitur sama dengan versi i-DSI, dengan beberapa penambahan fasilitas keselamatan yang lengkap, lampu belakang LED, bodykit, pelipat spion otomatis dengan lampu sein.

Kelebihan Honda Jazz GD3
  • Akselerasi mumpuni.
  • Desain luar sangat sporty yang tak termakan jaman.
  • Stabil sekalipun dikemudikan dengan kecepatan tinggi.
  • Kabin lapang.
  • Sangat irit (i-DSI).
  • Performa tinggi (VTEC).
  • Harga jual bertahan.

Kekurangan Honda Jazz GD3
  • Setir terlalu ringan.
  • Kualitas material kabin terkesan murahan.
  • Suku cadang mahal.
  • Minim fitur keselamatan (versi sebelum facelift).

0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HONDA JAZZ GD3 I-DSI & VTEC"

Posting Komentar